Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan, Gejala Dan Cara Mengatasinya. Radang tenggorokan merupakan gangguan pada saluran esofagus tepatnya pada darah cincin tenggorokan akibat infeksi oleh bakteri atau virus. Penyakit ini kerap di alami sebagan orang baik anak-anak maupun dewasa. Radang tenggorokan terjadi 2 sampai 4 hari setelah masa terinfeksi, setelah itu penderita akan memasuki masa radang di mana tenggrokan mulai terasa sakit dan seperti ada yang mengganjal saat menelan makanan. Radang tenggorokan juga di awali dengan serangan flu dan demam. Masa puncak radang terjadi selama 7-8 hari. Biasanya, penderita akan mengalami batuk-batuk setelah radang reda. Mari kita bahas penyebab radang tenggorokan, gejala dan cara mengatasinya.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/penyebab-penyakit-radang-tenggorokan.html

Penyebab-Penyebab Radang Tenggorokan 
Salah satu penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi oleh bakteri Streptococus. Merupakan bakteri yang dapat menular melalui udaa ketika bersin atau batuk. Oleh karena itu, perlu hati-hati saat berada di dekat orang yang sedang sakit radang tenggorokan. Bahkan bakteri Streptococcus juga bisa masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh debu dan bakteri.

Ada beberapa penyebab lain dari radang tenggorokan , di antaranya sebagai berikut:
  1. Musim pancaroba yang mengundang berbagai penyakit termasuk batuk, flu dan radang 
  2. Daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah teserang bakteri dan virus
  3. Makan makanan panas, pedas dan berminyak terlalu sering
  4. Panas dalam
Gejala-Gejala Radang Tenggorokan
Gejala yang umum di alami oleh penderita radang tenggorokan antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Terasa sakit pada tenggorokan. 
  2. Pembengkakan pada amandel dan menjadi merah.
  3. Adanya bintik merah kecil lebih dari satu di belakang atap mulut.
  4. Susah jika menelan.
  5. Pembengkakan pada gelenjar getah bening leher.
  6. Disertai demam, sakit kepala, dan badan terasa lelah.
Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan memang dapat sembuh dengan sendirinya setelah 7-8 hari, namun ada baiknya jika radang baru terjadi di hari pertama segera di obati agar tidak mengganggu kesehatan. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati radang tenggorokan:
 
1. Mengkonsumsi ekstrak jeruk nipis dan madu.
Caranya, peras satu buah jeruk nipis yang sudah masak, saring airnya dan masukan ke dalam gelas. Tambahkan 2 sendok madu. Serta 1/2 gelas air dingin. Konsumsi minuman ini setiap hari selama masa radang, sebanyak 2 kali sehari.
 
2. Mengkonsumsi Cincau Hijau
Saat tenggorokan terasa panas dan sakit, redakan dengan mengkonsumsi cincau hijau yang alami. Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan daun cincau hijau yang di bekukan dengan es. Cincau hijau bisa dikonsumsi setiap hari selama masa peradangan. Manfaat cincau hijau adalah meredakan panas dan luka pada tenggorokan.
 
3. Minum Jus Lidah Buaya
Anda dapat memanfaatkan bagian daging berwarna putih dari lidah buaya. Kupas 1 batang lidah buaya lalu bersihkan sampai lendirnya hilang. Rendam dengan air hangat. Kemudian blender, jangan lupa tambahkan air secukupnya. Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Jus lidah buaya dan madu ini akan menyembuhkan peradangan hari demi hari jika dikonsumsi secara rutin selama pengobatan.

Sekian mengenai penyebab radang tenggorokan, gejala dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat. Baca juga "cara alami mengobati kaki yang terserang rematik" dan "pengertian radang amandel beserta cara mengatasinya".

0 Response to "Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan, Gejala Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar