Penyebab munculnya penyakit panu, ciri-ciri, cara mengatasinya, dan cara mencegahnya



Penyebab munculnya penyakit panu, ciri-ciri, cara mengatasinya, dan cara mencegahnya. Penyakit panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale. Penyakit panu merupakan penyakit yang menyerang bagian terluar permukaan kulit dengan ciri-ciri bercak putih pada kulit, namun juga ada yang berwarna coklat ataupun merah. Penyakit panu ini bisa menimbulkan rasa gatal, apalagi saat berkeringat. Penyakit panu ini memang tidak berbahaya, namun penyakit panu ini sangat mengganggu penampilan atau kecantikan. Apalagi bila panunya muncul dibagian tubuh yang mudah terlihat atau terekspose oleh orang lain. Pasti akan menurunkan tingkat kepercayaan diri si penderita tersebut bila tampil dihadapan banyak orang. Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang mudah sekali menjalar ke bagian tubuh lain. Selain itu penyakit panu juga bisa menular ke orang lain dengan beberapa cara, seperti bersinggungan langsung, melalui media baju, handuk, dan lain sebagainya. Oleh karena itu anda jangan suka berganti-gantian pakaian atau handuk dengan orang lain, khususnya yang menderita penyakit panu. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-penyakit-panu.html

Panu bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, tua atau muda, semua bisa saja panuan (terkena penyakit panu). Apalagi bagi orang yang kurang memperhatikan kebersihan, pasti sangat mudah terserang penyakit kulit panu ini. Panu bisa menyerang semua bagian kulit si penderita, namun kebanyakan panu biasanya muncul pada kulit bagian punggung, dada, leher, wajah dan lengan.
Cara mengatasi atau menghilangkan penyakit panu secara tradisional dengan bahan alami.
Bila anda adalah si penderita penyakit panu ini, mungkin penyakit panu ini tidak akan membuat anda merasa sakit, namun panu bisa membuat panu atau menurunkan tingkat kepercayaan diri anda. Berikut ini tips mengobati penyakit panu secara tradisional dan agar hilang secara permanen: 
  • Lengkuas
Lengkuas yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Cara penggunaannya; anda ambil lengkuas, lalu potong menjadi beberapa bagian, kemudian gosok-gosokkan pada kulit yang terserang panu. Agar hasilnya bisa maksimal lakukan cara ini pada setiap setelah mandi, sampai panu tersebut hilang. 
  • Bawang putih
Bawang putih yang merupakan bahan bumbu yang mudah kita temukan di dapur kita, yang juga merupakan bahan penambah atau campuran pada masakan. Bawang putih ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat penyembuh penyakit panu. Cara menggunakannya sangat mudah; sama seperti halnya cara sebelumnya, yaitu ambil bawang putih, lalu dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan pisau, setelah itu gosok-gosokan ke bagian kulit yang terkena panu. Pada setiap potongan bawang putih ini akan keluar cairan getah. Dan getah itulah yang dimanfaatkan untuk mengobati penyakit panu. Lakukan hal ini secara rutin setiap habis mandi pagi dan sore agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk nipis
Anda semua pasti tahu jeruk nipis kan? Jeruk nipis ternyata memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan sekaligus untuk pengobatan secara alami. Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat alami penghilang panu. Caranya; persiapkan sebuah jeruk nipis dan belerang yang telah ditumbuk halus. Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian. Kemudian ambil potongan jeruk nipis, lalu oleskan pada belerang dan gosok-gosokkan pada kulit yang terkena panu. Lakukan cara seperti ini secara rutin hingga panunya menghilang.
  • Daun pare
Pare merupakan tanaman buah yang rasanya pahit dan biasanya dijadikan sayur mayur. Daun pare ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan penyakit panu. Caranya; daun pare ditumbuk halus, lalu dicampuri dengan kapur sirih dan dioles-oleskan pada bagian kulit yang terserang panu. Lakukan setiap pagi dan sore hari agar hasilnya maksimal.

Cara mencegah penyakit panu
Sebelum kulit kita terserang penyakit panu yang bisa membuat malu atau menurunkan kepedean atau kecantikan kita, akan lebih baik bila kita mencegah agar penyakit panu tersebut tidak muncul atau menyerang kulit kita. Berikut ini beberapa tips atau hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit panu:
  • Jagalah kebersihan kulit dengan mandi setiap hari, minimal 2 hari sekali 
  • Perhatikan juga kebersihan pakaian dan handuk yang akan kita pakai 
  • Pakailah pakaian yang bisa menyerap keringat dengan mudah 
  • Hindari menggunakan pakaian dan handuk yang lembab 
Nah sampai disini artikel yang membahas tentang penyebab munculnya penyakit panu, ciri-ciri, cara mengatasinya, dan cara mencegahnya. Semoga bisa bermanfaat, baca juga “macam-macam penyakit kulit dan penyebabnya” dan “penyebab penyakit kurap”.

0 Response to "Penyebab munculnya penyakit panu, ciri-ciri, cara mengatasinya, dan cara mencegahnya"

Posting Komentar