Penyebab timbulnya sariawan beserta cara menyembuhkannya secara alami



Penyebab timbulnya sariawan beserta cara menyembuhkannya secara alami. Apa itu sariawan? Sariawan merupakan penyakit peradangan  yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka terbuka pada bagian mulut dan berwarna putih kekuning-kuningan dengan permukaannya yang agak cekung serta berwarna merah pada bagian tepi lukanya akibat adanya pembengkakkan jaringan lunak. Sariawan ini bisa mengganggu akivitas si penderita, karena si penderita sariawan biasanya akan merasakan nyeri, perih dan sakit. Apalagi bila luka sariawannya besar dan muncul pada bagian-bagian tertentu pada mulut, pasti si penderita akan kesakitan saat makan, bahkan terkadang buat ngomong saja sangat sakit.
Penyakit sariawan dalam istilah kedokteran atau medis juga disebut stomatitis atau canker sores. Sariawan bisa muncul pada bagian mana saja pada mulut, seperti pada bibir, gusi, lidah, pipi bagian dalam dan langit-langit mulut. Namun yang lebih sering diserang oleh sariawan adalah pada bagian bibir.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-timbulnya-sariawan.html

Penyebab munculnya sariawan pada mulut
Terkadang ada orang yang mengeluh menderita sariawan kok gak sembuh-sembuh. Saat yang satu sudah sudah sembuh, ehh muncul lagi. Perlu diketahui munculnya sariawan pada mulut disebabkan karena beberapa faktor pemicu/ penyebab. Dengan mengetahui faktor penyebab sariawan tersebut akan mempermudah si penderita dalam hal penyembuhannya atau pengobatannya secara efektif, sehingga sariawan tidak akan muncul lagi. Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya sariawan: 
  • Tergigitnya lidah, pipi atau bibir yang menyebabkan luka sehingga terjadilah sariawan. 
  • Kurangnya asupan nutrisi pada tubuh seperti zat besi, vitamin C, dan vitamin B12 yang melindungi kesehatan mulut. 
  • Menggunakan produk pembersih mulut yang kurang pas/ tidak cocok. Seperti mouthwash, dan pasta gigi, ataupun bulu sikat gigi yang terlalu keras sehingga melukai gusi atau bibir. 
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, pedas, atau asam. 
  • Akibat adanya virus. Sariawan juga bisa terjadi akibat adanya virus, seperti pada kasus-kasus yang menyebabkan demam pada kelenjar, herpes, dan penyakit mulut lainnya. 
  • Adanya bakteri atau jamur karena kebersihan mulut tidak dijaga, sehingga terjadi infeksi. 
  • Akibat adanya gangguan pada sistem pencernaan 
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah ataupun masalah kesehatan yang membutuhkan antibiotik dengan dosis tinggi. 
  • Terjadinya luka didalam mulut akibat terbentur atau bergesekan dengan benda, seperti kawat gigi, sikat gigi, dan sebagainya. 
  • Alergi terhadap makanan, minuman, ataupun obat-obatan tertentu. 
  • Terkena paparan radiasi pengobatan kanker.
Cara menyembuhkan penyakit sariawan secara alami
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-timbulnya-sariawan.html
 Kebanyakan penyakit sariawan akan sembuh atau hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu hingga 2 minggu. Namun bagi si penderita sariawan menunggu dalam waktu seminggu agar sariawan bisa hilang itu adalah waktu yang sangat lama. Mungkin ini disebabkan karena penyakit sariawan yang sangat menggangu dan menimbulkan rasa nyeri, sakit, dan perih. Bagi anda yang saat ini sedang menderita sariawan, beberapa cara menghilangkan sariawan secara alami berikut ini mungkin bisa anda praktekkan agar sariawan bisa sembuh dengan cepat:
  • Air kelapa
Air kelapa ternyata bisa menjadi obat alami penyembuh sariawan. Caranya ambil air kelapa, lalu gunakan sebagai obat kumur. 
  • Jambu air
Pada cara ini, ambillah 10 gram kulit batang jambu air (kulit batang yang masih mudah). Lalu tumbuh halus dan campur dengan ½ gelas air matang, kemudian saring dan buat air saringan tersebut untuk berkumur.
  • Kopi bubuk
Cara menggunakannya sebagai obat sariawan adalah dengan mengoleskannya ke bagian yang terkena sariawan. Lalu biarkan selama beberapa menit, bila sudah ambillah air bersih untuk berkumur.
  • Air garam
Caranya adalah larutkan garam dalam air hangat. Lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Berkumur menggunakan air hangat yang diberi garam secara rutin 3x sehari dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat karena garam bisa menarik cairan pada luka sariawan sehingga penyembuhannya bisa lebih cepat.
  • Minum yogurt
Meminum yogort dapat menyeimbangkan bakteri-bakteri yang ada di mulut. Sehingga meminum yogurt merupakan salah satu cara untuk mengobati ataupun mencegah sariawan.
  • Gunakan obat tradisional
Gunakanlah obat tradisional untuk berkumur, seperti ekstrak biji anggur, lidah buaya, juice plum, tea tree oil, dan lain sebagainya.
  • Bawang putih dan pepaya
Menggunakan bawang putih dan pepaya dengan cara menempelkannya langsung ke bagian sariawan juga dapat mempercepat penyembuhan sariawan.
  • Tomat
Gunakan juga tomat sebagai obat alami penyembuh sariawan. Makanlah tomat mentah sebagai pencegah terjadinya sariawan atau juga bisa dibuat sebagai jus tomat, lalu digunakan untuk berkumur untuk mempercepat penyembuhan sariawan.
  • Daun kemangi
Cara mengobati sariawan menggunakan daun kemangi adalah dengan mengunyah daun kemangi 4 – 5 lembar secara langsung. Dengan mengunyah beberapa daun kemangi ini bisa mengurangi nyeri akibat sariawan serta juga dapat menyembuhkannya.
  • Kunyit
Untuk mengobati sariawan secara alami, anda juga bisa membuat sebuah ramuan pasta dari kunyit yang ditumbuk halus dan ditambah 1 sendok teh gliserin. Kemudian berikan ramuan pasta ini dengan mengoleskannya langsung ke bagian yang terserang sariawan.
  • Baking soda
Menggunakan baking soda yang ditambah air kemudian digunakan untuk berkumur dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan, menyeimbangkan bakteri di mulut, hingga mempercepat penyembuhan sariawan.
Itulah beberapa penyebab timbulnya sariawan beserta cara menyembuhkannya secara alami. Kita juga bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit sariawan ini dengan cara selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta gigi, berhati-hati dalam menggosok gigi agar tidak menyebabkan luka dalam mulut, dan selalu hindari memakan makanan yang masih panas. Semoga artikelnya bisa bermanfaat, baca juga “Penyebab seseorang mengalami bisulan” dan “Penyebab cantengan dan cara mengatasinya”.




0 Response to "Penyebab timbulnya sariawan beserta cara menyembuhkannya secara alami"

Posting Komentar