Penyebab kuku cantengan beserta cara mencegah dan mengobatinya



Penyebab kuku cantengan beserta cara mencegah dan mengobatinya. Apakah itu cantengan? Cantengan yang dalam istilah medis disebut paronikia adalah infeksi kulit yang biasa terjadi pada bagian kuku baik pada kuku jari tangan ataupun jari kaki. Cantengan bisa saja terjadi pada semua bagian kuku jari. Namun kebanyakan kasus, cantengan terjadi pada jempol kaki. Cantengan (paronikia) dapat menyebabkan peradangan, bengkak, kerusakan kuku, nyeri, nanah. Cantengan bukanlah termasuk penyakit yang berbahaya, namun bila keadaan menjadi bertambah parah, bukannya tidak mungkin akan terjadi tetanus dan lain-lain. Apalagi bila si penderita cantengan juga menderita penyakit lain seperti diabetes, maka penyembuhan cantengan pun bisa lebih lama ataupun juga bertambah parah.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-kuku-cantengan.html

Penyebab kuku cantengan
Cantengan (paronikia) bisa saja terjadi secara akut ataupun juga kronik. Penyebab terjadinya cantengan (paronikia) akut adalah karena adanya trauma kuku, ataupun manipulasi yang berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya, seperti trauma akibat tersandung, menggigiti kuku, memotong kuku terlalu pendek atau dalam, kesalahan dalam perawatan manikur, ataupun karena penggunaan kuku palsu. Sedangkan penyebab cantengan (paronikia) kronik adalah karena seringnya terkena air, ataupun lingkungan yang lembab. biasanya cantengan kronik terjadi pada seseorang yang telah memiliki penyakit, seperti diabetes, obesitas, tangan terlalu berkeringat (hiperhidrosis), lemahnya sistem imun, konsumsi obat-obatan yang bisa menekan sistem imun, atau kelainan hormon.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-kuku-cantengan.html
Tips atau cara mencegah kuku cantengan
  • Potonglah kuku secara benar. Jika menggunting atau memotong kuku usahakan tidak terlalu pendek atau dalam. Serta jangan pula terlalu melengkung, akan lebih baik dan aman bila kuku kuku digunting secara mendatar. 
  • Rawatlah kuku dengan baik. Jangan biarkan kuku terlalu panjang, pastikan pertumbuhan panjang kuku anda normal, tidak menembus kulit dan bisa melindungi. Selain itu kuku yang terlalu panjang, khususnya kuku jari kaki maka bisa menimbulkan gangguan saat kita berjalan atau beraktivitas, seperti tersandung dan sebagainya. 
  • Pakailah alas kaki yang nyaman dan bisa melindungi kaki anda. jangan memakai sepatu yang terlalu kecil atau sempit. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan lecet pada jari sekitar kuku kaki anda, sehingga bisa menyebabkan terjadinya cantengan (paronikia).
  • Rawatlah kuku secara rutin. Jagalah agar selalu dalam keadaan kering, khusus pada kaki. Janganlah memakai sepatu yang masih basah atau lembab. bila anda harus terpaksa bekerja pada lingkungan yang basah dan lembab. Usahakan untuk memakai pelindung kaki agar selalu dalam keadaan kering, misalnya saja sepatu bot, sarung tangan dan sebagainya.
Cara mengatasi ataupun mengobati kuku yang cantengan
Cantengan biasanya bisa diatasi atau dirawat sendiri dengan menjaga pertumbuhan kuku agar tidak menembus kulit. Namun bagi anda yang saat ini menderita cantengan dan bingung bagaimana cara mengatasinya, berikut ini tips merawat atau mengatasi kuku cantengan agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi: 
  • Rendamlah kuku yang terkena cantengan dalam air hangat selama 10 menit secara rutin 3-4 kali sehari hingga gejalanya menghilang. 
  • Selalu usahakan agar kuku dan sekitarnya dalam keadaan kering dan bersih. 
  • Hindari terjadinya trauma pada kuku, seperti tersandung batu ataupun meja. 
  • Hindari manipulasi daerah kuku dan sekitarnya sendiri, misalnya manikur, menggunting sendiri bagian yang terinfeksi. 
  • Jangan gunakan produk-produk yang dapat menimbulkan iritasi pada daerah kuku dan sekitarnya. Seperti cat kuku, pembersih cat kuku, ataupun sabun. 
  • Selalu pastikan pertumbuhan panjang kuku anda normal, dan tidak menembus kulit. Bila dirasa kuku akan menembus kulit potonglah kuku secara hati-hati.
Bila dalam beberapa hari kuku cantengan yang anda alami tidak sembuh juga bahkan malah menjadi tambah parah, bawalah ke dokter untuk diperiksa. Dokter akan memeriksa apakah ada penyebab lain yang membuat cantengan pada kuku anda semakin parah. Perawatan seperti pengeluaran nanah, pengangkatan atau pembedahan kuku yang rusak dan terinfeksi mungkin perlu dilakukan apabila terjadi infeksi yang cukup parah.
Semoga artikel penyebab kuku cantengan beserta cara mencegah dan mengobatinya ini bisa bermanfaat. Baca juga “penyebab sariawan dan cara menyembuhkannya” dan “penyebab kanker kulit dan cara mencegahnya”.

3 Responses to "Penyebab kuku cantengan beserta cara mencegah dan mengobatinya"

  1. Saya sudah tiga kali cantengan. Dua kali kuku dioperasi/diangkat. Yang terakhir saya coba rawat sendiri dengan menjaga panjang kuku, menjaga kebersihan luka/nanah dan memberi antiseptic. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh.

    BalasHapus
  2. mantap tipsny...
    obatcantengan.blogspot.com

    BalasHapus