Pengertian penyakit psoriasis beserta gejala, penyebab, dan cara mengobatinya

Pengertian penyakit psoriasis beserta gejala, penyebab, dan cara mengobatinya. Psoriasis adalah penyakit kronis atau jangka panjang yang menyerang kulit. Jumlah pengidap penyakit psoriasis di indonesia masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi sejak tahun 2006 telah didirikan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia untuk membantu para penderita penyakit kulit psoriasis.
Parah tidaknya gejala psoriasis yang timbul berbeda-beda untuk setiap penderitanya. Selain itu intensitas gejala yang muncul juga bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala psoriasis ringan dan ada yang tidak merasakan sama sekali dalam kurun waktu tertentu, namun setelah itu gejalanya akan bertambah menjadi parah dan akan mengganggu kenyamanan si pengidap penyakit psoriasis ini. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/pengertian-penyakit-psoriasis.html
Gejala penyakit kulit psoriasis
Gejala utama penyakit psoriasis adalah kulit terkelupas, ruam memerah, terasa kering dan bersisik, serta menebal. Selain itu terkadang juga disertai munculnya rasa gatal atau perih di semua anggota tubuh, namun umumnya terjadi pada daerah seperti lutut, siku, kulit kepala, punggung bagian bawan, atau sebagainya.
Penyebab penyakit kulit psoriasis
Penyebab pasti penyakit psoriasis hingga saat ini masih belum diketahui. Akan tetapi penyakit ini diduga terjadi karena adanya gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang tidak normal (abnormal) dan salah/ keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat.
Jika pada kondisi tubuh yang normal, tubuh akan memrpoduksi sel-sel baru untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dengan frekuensi sekali dalam beberapa minggu. Sedangkan dalam penyakit psoriasis produksi sel-sel kulit tubuh justru terjadi secara berlebihan atau dalam hitungan hari, sehingga terjadilah penumpukan sel-sel kulit yang pada akhirnya membentuk penebalan pada kulit tersebut.
Selain itu faktor keturunan juga dianggap turut berperan dalam munculnya penyakit psoriasis ini. Beberapa faktor lain yang diduga menjadi penyebab atau pemicu munculnya penyakit psoriasis antara lain, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
Langkah penanganan / pengobatan psoriasis
Cara menyembuhkan penyakit psoriasis memang masih belum ada, namun masih bisa dilakukan penanganan-penanganan untuk mengurangi gejala-gejala yang muncul. Penanganan penyakit kulit psoriasis tergantung dari jenis psoriasis serta tingkat keparahan gejala yang muncul. Psoriasis dapat diobati dengan menggunakan obat oles, fototerapi, atau dengan menyuntikkan/ mengkonsumsi obat-obatan, akan tetapi pengobatan ini tidak dapat menyembuhkan penyakit psoriasis, melainkan hanya untuk mengurangi/ meringankan gejala yang muncul serta untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat penyakit psoriasis ini.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian penyakit psoriasis beserta gejala, penyebab, dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat, baca juga “Macam-macam jenis penyakit kulit psoriasis dan diagnosis penyakitnya”.

1 Response to "Pengertian penyakit psoriasis beserta gejala, penyebab, dan cara mengobatinya"