Macam-macam jenis penyakit kulit psoriasis, beserta gejala dan diagnosis penyakitnya

Macam-macam jenis penyakit kulit psoriasis, beserta gejala dan diagnosis penyakitnya. Penyakit psoriasis merupakan penyakit kulit yang dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena akan mengalami rasa gatal pada kulit, kulit bersisik, pecah-pecah, sendi-sendi bengkan, dan sebagainya, namun gejala-gejala umum psoriasis tersebut tidak akan dialami semua oleh pengidap penyakit psoriasis ini, karena penyakit psoriasis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Jika pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian singkat psoriasis beserta penyebab, dan pengobatannya, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai macam-macam jenis dari penyakit psoriasis ini. Berikut ini beberapa macam jenis penyakit psoriasis yang paling umum atau sering diderita oleh manusia:
Psoriasis plak (Plaque Psoriasis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html


Psoriasis plak adalah jenis proriasis yang paling umum terjadi pada manusia. Jenis psoriasis ini bisa menyebabkan kulit ruam memerah, kulit kering, dan bersisik sehingga disebut plak. Penderita psoriasis plak ini juga bisa merasakan rasa yang sangat gatal dan perih pada kulit yang terserang. Psoriasis jenis plak ini bisa muncul pada bagian tubuh manapun, namun umumnya muncul pada bagian tubuh seperti lutut, sikut atau kulit kepala. Pada kasus yang sudah parah, gejala yang muncul bisa berupa pecah-pecah pada kulit disekitar sendi dan bisa hingga berdarah.
Psoriasis kuku (Nail Psoriasis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html
Meskipun jenis ini bukanlah kategori khusus dari penyakit psoriasis, namun hampir 50% pengidap psoriasis di dunia menderita gejala psoriasis kuku ini.
Penderita penyakit psoriasis jenis ini akan mengalami gejala seperti:
  • Terjadi perubahan warna kuku 
  • Pertumbuhan kuku tidak normal (abnormal)
  • Muncul cekungan-cekungan kecil pada kuku
  • Kuku menjadi rusak seperti bercabang, patah, mati atau terlepas
Psoriasis kulit kepala (Scalp Psoriasis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.htmlPenyakit psoriasis jenis ini menyebabkan munculnya sisik tebal yang terasa gatal pada sebagian atau bahkan hingga seluruh area kulit kepala. Ruamnya terkadang juga bisa melebar hingga melewati garis rambut, seperti hingga ke leher, kuping atau wajah. Bagian kulit yang mengelupas akan terlihat putih seperti ketombe yang berguguran. Dalam banyak kasus, psoriasis jenis ini dapat mengganggu kesehatan rambut, bahkan bisa menyebabkan infeksi atau bahkan kerontokan rambut. Sehingga bisa menimbulkan stress, rasa malu atau minder bagi penderitanya.
Psoriasis inversi (Inverse Psoriasis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html
Psoriasis jenis ini akan menyebabkan timbulnya ruam merah yang terasa halus dan umumnya terjadi pada daerah-daerah lipatan kulit seperti lipatan ketiak, buah dada, atau selangkangan. Ruam-ruam ini juga bisa diperparah akibat adanya gesekan pada kulit serta keringat.
 



Psoriasis gutata (Guttate Psoriasis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html
 
Gejala psoriasis jenis ini adalah ruam berupa bintik-bintik kecil yang menyerupai tetesan air. Ruam-ruam ini berlapis sisik dan biasanya muncul pada bagian tubuh seperti lengan, kaki dan kulit kepala. Penyakit kulit psoriasis jenis ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Psoriasis gutata terkadang muncul setelah terjadi penyakit infeksi atau radang tenggorokan.
 
Psoriasis pustular (Pustular Psoriasis) 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html
Penyakit psoriasis pustular dapat menyebabkan ruam-ruam merah yang perih pada sebelumnya dan pada akhirnya kulit menjadi melepuh dan berisi nanah. Ruam tersebut bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh atau muncul pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti muncul berkelompok di tangan, kaki, atau ujung jari. Selain itu psoriasis pustular yang telah menyebar ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan penderita demam, menggigil, rasa yang sangat gatal, dan penurunan berat badan.

Psoriasis eritrodermik (Erytrhodemic Psoriasis) 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.htmlPsoriasis eritrodermik bisa menyebabkan ruam mengelupas pada kulit, rasa gatal yang luar biasa, dan disertai sensasi rasa terbakar pada kulit. Psoriasis jenis ini umumnya sangat menyakitkan dan perlu perawatan khusus yang intensif di rumah sakit. Selain itu jenis penyakit kulit psoriasis eritrodermik ini juga bisa berdampak pada malnutrisi, dehidrasi, dan bahkan gagal jantung. 
 



Artritis psoriasis (Psoriatic Arthritis)
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/macam-jenis-penyakit-psoriasis.html
 
Selain kulit bersisik, iritasi, dan terjadi perubahan pada warna kuku, gejala yang muncul dari psoriasis artritis ini juga bervariasi dan menyerang persendian, serta bisa menjadi sangat berbahaya karena sendi yang terinfeksi bisa menjadi kaku, selain itu kerusakan pada sendi tersebut bisa berkembang, dan bisa mengakibatkan cacat permanen.
Segera periksakan ke dokter apabila anda, saudara, atau keluarga anda ada yang merasakan gejala-gejala psoriasis seperti di atas. Penanganan dini dapat mencegah gejala psoriasis bertambah parah. Selain itu para pengidap penyakit ini sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter apabila gejala-gejala penyakit psoriasis bertambah buruk.

Diagnosis penyakit kulit psoriasis
Untuk mendiagnosa penyakit ini, pada tahap awal pemeriksaan dokter biasanya akan memeriksa kulit secara fisik dan menanyakan riwayat kesehatan keluarga. Penyakit kulit psoriasis biasanya dapat diketahui dengan mudah oleh dokter karena tekstur kulit yang mengidap psoriasis umumnya memiliki bentuk yang khas dan mudah untuk dikenali.
Namun untuk memberikan kepastian diagnosis, biasanya dokter akan mengambil sampel kulit yang terinfeksi untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Tujuan biopsi seperti ini adalah untuk memastikan apa jenis psoriasis yang menyerang pasien, serta untuk menghapus adanya kemungkinan dari penyakit lain, misalnya dermatitis seboroik.
Namun apabila psoriasis sudah menyerang sendi, maka dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan tes darah dan X-ray pada sendi yang terserang tersebut.
Demikianlah macam-macam jenis penyakit kulit psoriasis, beserta gejala, dan diagnosis penyakitnya. Semoga bermanfaat, baca juga “penyebab psoriasis dan cara menanganinya”.

4 Responses to "Macam-macam jenis penyakit kulit psoriasis, beserta gejala dan diagnosis penyakitnya"

  1. thanks gan info nya,
    sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan,,
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    BalasHapus
  2. Anda memiliki masalah kulit? bingung harus konsultasi dengan dokter? Silahkan konsultasi di Website dokterkulitdhelya.com

    Anda ingin tampil lebih cantik tanpa masalah di kulit wajah? kunjungi dokter kulit dhelya widasmara di Malang. Informasi buka website dokterkulithelya.com

    Ingin baca artikel seputar kecantikan kulit? atau tanya jawab seputar kesehatan? Buka dokterkulitdhelya.com

    BalasHapus
  3. Dijual cepat, ruko lokasi sangat strategis area Malang Kota. Harga nego. Bagus untuk investasi, digunakan untuk bisnis, ataupun dikontrakkan. Silakan Hubungi 083834375641. Buruan sebelum keduluan pembeli lain...

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk maklumat. Kami dari wong medical centre ada menyediakan ubat herba tradisional untuk penyakit kulit psoriasis. Jika anda inigin mengetahui lebih lanjut tentang ubat atau ada sebarang pertanyaan sila hubungi kami di talian +6012452007

    BalasHapus