Pengertian penyakit kanker otak, beserta penyebab, gejala, ciri-ciri dan pengobatannya

Pengertian penyakit kanker otak, beserta penyebab, gejala, ciri-ciri dan pengobatannya. Otak adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai pusat kendali dalam melakukan berbagai aktivitas baik dalam berfikir, bergerak, berjalan dan lain sebagainya. Oleh karena itu otak merupakan organ tubuh yang sangat penting, namun bagaimana bila dalam otak tersebut terdapat penyakit sel-sel kanker?
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/07/pengertian-penyakit-kanker-otak.html

Pengertian peyakit kanker otak
Tumor otak merupakan adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal atau tidak wajar serta tidak kendali di otak. Namun tidak semua tumor otak bersifat ganas, sehingga bisa dikategorikan sebagai penyakit kanker. Penyakit kanker otak merupakan tumor ganas yang bisa dengan mudah menyebar ke bagian-bagian lain dari otak serta ke tulang belakang.
Tumor otak primer adalah penyakit tumor yang berawal dari otak. Namun sebagian besar tumor otak yang ganas merupakan kanker sekunder. Kanker sekunder adalah sel-sel kanker yang berawal dan tumbuh di organ tubuh lainnya yang kemudian menyebar ke otak.
Tipe penyakit tumor otak ganas tergantung pada tipe sel otak yang mana tumor tersebut pertama kali muncul. Dari beberapa tipe penyakit tumor otak primer yang ganas, glioma adalah tipe paling umum yang menjadi penyebab lebih dari setengah tumor otak primer.
Tingkat keganasan dari penyakit tumor otak dibagi menjadi 4 kategori stadium, yang tergantung pada tingkat perkembangan, kemungkinan penyebaran, serta kecepatan pertumbuhan. Penyakit tumor stadium 1 dan 2 biasanya bersifat jinak, sehingga tidak disebut sebagai penyakit kanker, sedangkan tumor ganas masuk dalam kategori stadium 3 dan 4 sehingga disebut penyakit kanker. Dan pada laman artikel ini akan khusus membahas tumor otak stadium 3 dan 4 (ganas).

Penderita penyakit kanker otak di indonesia
Penyakit tumor otak tidak mengenal usia dan bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa atau anak-anak. Di indonesia diperkirakan terdapat sekitar 1200 kasus baru penyakit kanker otak pada pria dan sekitar 800 kasus baru terjadi pada wanita setiap tahunnya. Kondisi seperti ini bisa digolongkan langka di indonesia. Oleh karena itu anda jangan terlalu cemas apabila anda tidak mengalami gejala-gejala penyakit kanker otak.

Penyebab kanker otak
Penyebab kanker otak masih belum diketahui, namun penyakit genetik seperti neurofibromatosis diduga bisa meningkatkan resiko tumbuhnya kanker/ tumor otak. Meskipun penyebab kanker otak primer masih belum diketahui, namun perlu juga untuk mengetahui “kenali faktor-faktor penyebab yang diduga meningkatkan resiko terserang penyakit kanker otak”.

Gejala atau ciri-ciri penyakit kanker otak
Penyakit tumor otak bisa menurunkan fungsi bagian otak yang terjangkiti tumor. Tumor tersebut biasanya juga menekan otak sehingga menyebabkan sakit kepala atau juga bisa menyebabkan kejang-kejang. Jadi kesimpulannya, gejala tumor otak sangat bervariasi dari satu penderita ke penderita lain tergantung seberapa besar ukuran atau bagian otak yang terjangkit.
Dasar yang digunakan untuk menentukan diagnosis kanker otak adalah berdasarkan gejala yang dialami, dari pemeriksaan fisik, serta dari hasil tes yang telah dilakukan oleh penderita.
Berikut ini beberapa gejala tumor lainnya yang mungkin akan dialami olah penderita:
  • Mudah sekali kelelahan dan mengantuk 
  • Menjadi lebih ceroboh dari sebelumnya serta sangat sulit untuk berkonsentrasi
  • Muntah-muntah
  • Kesulitan dalam berjalan serta dalam berbicara
Pengobatan penyakit kanker otak
Penyakit tumor otak dibedakan menjadi dua, yaitu tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer adalah tumor otak yang memang tumbuh dan berasal dari otak itu sendiri. Dalam pengobatan tumor otak primer yang ganas, terdapat faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil pengobatan yang dijalani, antara lain:
  • Tipe sel otak yang menjadi sel tumor 
  • Letak tumor yang ada dalam otak
  • Kondisi kesehatan dari pasien saat didiagnosis tumor
Penyakit tumor ini harus segera ditangani karena dapat menyebar serta merusak bagian lain dari otak serta saraf tulang belakang. Untuk mengobati tumor biasanya dilakukan usaha untuk operasi pengangkatan sepenuhnya, serta proses penyembuhannya bisa dilanjutkan dengan kemoterapi, radioterapi, atau kombinasi dari keduanya. Namun perlu untuk diingat bahwa tumor otak yang ganas umumnya dapat menyerang kembali.
Sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lainnya yang kemudian tumbuh dan menyebar ke otak. Tumor otak sekunder bisa dikatakan penyakit yang sangat serius, karena ini adalah pertanda bahwa sel tumor telah menyebar ke seluruh bagian tubuh. Pengobatan maksimal hanya berupa perawatan untuk meringankan gejala serta memperpanjang usia dari penderita saja. Kesembuhan total mungkin tidak akan bisa terjadi.
Demikianlah pengertian penyakit kanker otak, beserta penyebab, gejala, ciri-ciri dan pengobatannya. Semoga bermanfaat baca juga penyakit kanker lainnya “kenali gejala dini kanker kulit” dan “penyebab serta gejala kanker limfoma”.

0 Response to "Pengertian penyakit kanker otak, beserta penyebab, gejala, ciri-ciri dan pengobatannya"

Posting Komentar