Waspadai Penyakit Hilang Ingatan (Alzheimer) Pada Usia Muda Gejala, Penyebab Dan Pencegahannya

Waspadai Penyakit Hilang Ingatan (Alzheimer) Pada Usia Muda Gejala, Penyebab Dan Pencegahannya. Sudah kah anda mengenal penyakit Alzheimer? Waspadai penyakit hilang ingatan (alzheimer) apda usia muda, kenali gejala, penyebab dan pencegahannya. Pasalnya, kini penyakit hilang ingatan ini tidak lagi menyerang orang tua, siapa saja baik tua maupun muda dapat mengalaminya tanpa disadari. Apakah alzheimer berbahaya? Tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan maupun keadaan mental dan psikologi sesorang. Mari kita pelajari apa itu penyakit Alzheimer, gejala, penyebab dab bagaimana cara mencegahnya.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/penyakit-hilang-ingatan-alzheimer.html

Apa Itu Alzheimer?
Alzheimer merupakan gangguan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi tidak mampu mengingat segala sesuatu (pikun) yang terjadi secara bertahun-tahun dan tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini menyerang pada bagian batang otak, sehingga dapat mengakibatkan seseorang kehilangan daya ingat, daya pikir dan perubahan kepribadian.

Gejala Penyakit Alzheimer
Berikut tanda-tanda atau gejala yang dialami seseorang yang emnderita alzheimer:

1. Hilang Ingatan
ini adalah gejala yang paling umum terjadi pada penderita Alzheimer. Mengalami penururnan daya ingat sehingga akan sulit mengingat kejadian yang baru saja belum lama terjadi. Daya konsentrasi menurun, bahkan untuk berhitungpun mengalami kesulitan.
 
2. Tidak Menyadari Akan Hal-Hal Yang Baru Dilakukan
Kebanyakan penderita Alzheimer tidak menyadari akan penyakitnya. Lebih buruknya, ia pun tidak akan menyadari hal-hal yang baru saja dilakukannya.
 
3. Bingung
Akan mengalami kebingungan terutama yang berkaitan dengan waktu dan tempat, sehingga penderita pun akan tersesat jika bepergian sendiri dan mengalami kebingungan.
 
4. Gangguan Berbicara
secara lambat laun, penderita akan mulai sulit berbicara, terutama mengucapkan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Penyebab Penyakit Alzheimer

Ada 3 faktor penyebab seseornag menderita penyakit Alzheimer, yaitu:
1. Faktor Genetik
Alzheimer adalah penyakit yang dapat diturunkan, oleh karena itu apabila ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini, maka kemungkinan besar akan diturunkan ke salah satu keturunannya.
 
2. Faktor Usia
Seseroang yang berusia 65 tahun ke atas lebih beresiko menderita Alzheimer karena pada usia tersebut telah terjadi penurunkan daya ingat dan syaraf-syaraf otak mulai tidak bekerja dengan baik.
 
3. Jenis Kelamin
berdasarkan data penderita Alzheimer menunjukan bahwa sebagain besar yang mengalami penyakit ini adalah wanita. Jadi, wanita lebih bersiko terhadap penyakit ini.
 
Mencegah Penyakit Alzheimer
Alzheimer dapat menyerang siapa saja, bahkan di usia di bawah 65 tahun pun beresiko terhadap penyakit lupa ingatan yang parah ini, Namun, beberapa cara masih dapat dilakukan untuk mencegah Alzheimer:
  1. Sering Melatih Daya Ingat 
  2. Melakukan permainan-permainan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya kemampuan daya ingat seperti; catur, permainan teka-teki, dll.
  3. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi terutama yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan mengingat seperti ikan, almond, dll.
  4. Tidur tepat waktu dan nyenyak
  5. Menghindari Stress
Demikian yang harus kita waspadai mengenai penyakit Alzheimer. Kenali gejalanya dan penyebabnya dan tentu lakukan pencegahan sejak dini agar di masa tua nanti tidak mengalami gangguan seperti Alzheimer. Baca juga "penyebab penyakit sembelit, gejala, serta cara mengobatinya" dan "cara mendiagnosis dan mengatasi penyakit alzheimer".

0 Response to "Waspadai Penyakit Hilang Ingatan (Alzheimer) Pada Usia Muda Gejala, Penyebab Dan Pencegahannya"

Posting Komentar