Apakah Perbedaan Antara Penyakit Rematik dan Asam Urat

Apakah Perbedaan Antara Penyakit Rematik dan Asam Urat. Sama-sama menyebabkan rasa nyeri pada sendi, kebanyakan orang sulit membedakan antara asam urat dan reumatik. Keduanya memang memiliki kesamaan terutama gangguan yang ditimbulkan oleh kedua penyakit ini. Namun, secara ilmiah ke dua penyakit ini ternyata berbeda. Perbedaan dapat dilihat melalui penyebab dan gejalanya. Agar tidak salah pengertian mengenai asam urat dan reumatik, mari kita bahas perbedaan antara penyakit rematik dan asam urat. Apa saja perbedaannya dan bagaiman cara mengenali kedua penyakit ini? Caranya adalah mengetahui pengertian kedua penyakit tersebut, kenali gejala-gejalanya dan penyebabnya.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/perbedaan-antara-rematik-asam-urat.html

Pengertian Asam Urat dan Rematik
Asam urat adalah penyakit yang di sebabkan akibat adanya jumlah purin dari makanan yang berlebihan dan sulit di proses oleh ginjal hingga terbentuk senyawa Kristal yang disebut asam urat. Namun sebenarnya penyakit asam urat ini di awali oleh adanya penyakit rematik.
Sementara penyakit rematik adalah gangguan pada persendian akibat adanya pengroposan tulang. Sebagian besar kasus penyakit rematik di sebabkan karena udara dingin dan keadaan tulang yang memang sudah mengeropos.
Namun antara penayakit asam urat dan rematik ini memiliki kesamaan yaitu penderitanya adalah usia lanjut yang sudah di atas 30 tahun. 

Apa Perbedaan Antara Rematik dan Asam Urat?
Rematik lebih di kaitkan dengan faktor usia, pasalnya penyakit ini memang terjadi akibat penurunan daya tahan tubuh dan akibat faktor usia yang semakin menua. Rematik menyerang pada persendian orang lanjut usia karena memang sudah mengalami penegroposan. Sementara penyakit asam urat lebih dipengaruhi akibat pola hidup, di mana awalnya di sebabkan karena makan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti yang  sudah disinggung sebelumnya bahwa asam urat terjadi akibat adanya penumpukan purin yang mengkristal di persendian tulang.
Jika asam urat menyerang di titik-titik persendian pada kaki, berbeda dengan penyakit rematik. Rematik menyerang persendian yang lebih luas seperti punggung, leher, bahu sampai pinggang akan merasakan sakit dan nyeri. Dan penyebabnya tidak seperti asam urat karena persendian ditutupi oleh Kristal asam urat, rematik lebih tepatnya disebabkan karena adanya infeksi dan atau pengapuran pada sendi-sendi. 

Bagaimana Mnegetahui Perbedaan Asam Urat dan Rematik?
Indikasi asam urat dan rematik dapat di indektifikasi melalui uji laboratorium. Untuk pengecekan dapat dilakukan dengan memerikasakan kadar asam urat dalam tubuh. Apabila diketahui asam urat tinggi, artinya penderita perlu waspada karena reumatik juga berarti telah berpotensi menyerang penderita sebelumnya.
Dengan mengetahui perbedaan antara rematik dan asam urat tentu akan lebih mudah mengenali kedua penyakit ini. Apabila anda mengalami gejala yang hampir mirip dan anda ragu apakah itu asam urat atau buka? Penjelasan yang ada di sini tentu dapat membantu anda mengenali penyakit persendian yang anda derita, dan untuk memastikannya sebaiknya dilakukan uji laboratorium. Baca juga "obat tradisional untuk mengatasi asam urat tinggi" dan "penyebab usia muda sudah diserang penyakit rematik".

0 Response to "Apakah Perbedaan Antara Penyakit Rematik dan Asam Urat"

Posting Komentar