Jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dengan tingkat keganasannya

Jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dengan tingkat keganasannya. Kanker kulit adalah tumbuhnya sel-sel kanker pada jaringan kulit yang tidak terkendali (abnormal). Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak penderitanya. Penyakit kanker kulit merupakan penyakit yang bisa dibilang serius, karena kanker kulit bisa saja menyebar ke bagian organ lain seperti kelenjar getah bening, tulang dan lain sebagainya. Oleh karena itu penyakit kanker kulit harus segera diobati secara serius. Keganasan kanker kulit berbeda-beda tergantung jenisnya dan penyebab timbulnya kanker kulit tersebut. Kanker kulit biasanya tumbuh pada bagian atau lapisan terluar dari kulit (epidermis), sehingga benjolannya (tumor) akan terlihat dari luar dan sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang bisa dengan mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.
Resiko kematian akibat penyakit kanker kulit sangat sedikit bila dibandingkan dengan penyakit jenis kanker lainnya. Hal ini mungkin disebabkan karena kanker kulit jarang sekali dapat menyebar hingga ke organ-organ vital pada si penderita, seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan otak.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/jenis-kanker-kulit.html

Jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dan tingkat keganasannya:
  • Melanoma.
Melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit dengan tingkat keganasan yang paling mematikan karena bisa menyebar dengan sangat cepat di seluruh tubuh. Munculnya kanker kulit jenis melanoma ini ditandai dengan timbulnya titik-titik baru ataupun lama yang seperti tahi lalat. Gejalanya : bercak-bercak yang melebar dengan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan sekitarnya, tahi lalat berdarah atau berubah ukurannya dan warnanya, muncul bercak seperti bekas luka yang pinggirannya tidak rata dengan warna merah, putih biru ataupun kehitaman. Muncul bercak pada telapak tangan, punggung tangan, jari tangan atau kaki, ataupun membran mukosa disekitar hidung, mulut, vagina, dan anus.
  • Nodular Melanoma
Kanker kulit jenis nodular melanoma ini bisa menyebar dengan cepat seperti halnya melanoma. Akan tetapi jenis nodular melanoma ini akan nampak berbeda dengan kanker kulit jenis melanoma pada umumnya. Gejalanya: titik-titik yang timbul atau terbentuk pada kulit mempunyai tekstur yang keras yang kemudian dalam jangka waktu yang tidak lama akan berdarah dan berkerak.
  • Basal Cell Carcinoma
Kanker kulit jenis ini mempunyai tingkat keganasan yang rendah dan merupakan jenis kanker kulit yang paling tidak berbahaya dibandingkan dengan jenis-jenis kanker kulit yang lainnya. Karena karsinoma sel basal mempunyai tingkat penyebaran yang sangat lambat dan jarang sekali bisa menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Dari semua kasus kanker kulit yang menyerang manusia, 80 persennya merupakan kanker kulit jenis karsinoma sel basal ini. karsinoma sel basal umumnya menyerang kulit kepala dan leher. Kanker kulit jenis ini ditandai dengan gejala benjolan merah muda yang mengkilat seperti daging yang bentuknya rata.
  • Squamous Cell Carcinoma
Karsinoma sel skuamosa (Squamous Cell Carcinoma) merupakan jenis kanker kulit yang penyebarannya sedikit lebih agresif dibandingkan dengan karsinoma sel basal. Kanker kulit jenis ini ditandai dengan penebalan kulit, titik berwarna kemerahan, bersisik dan lesi kulit kasar. Kanker jenis karsinoma sel skuamosa ini biasanya tumbuh pada kulit yang terpapar dengan sinar matahari langsung. Dan kebanyakan kasus si penderita kanker kulit jenis ini telah berusia 50 tahun keatas.
Demikianlah artikel tentang jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dengan tingkat keganasannya. Baca juga “5faktor penyebab kanker kulit beserta cara mencegahnya” dan “penyebab tumbuhnya kutil pada kulit”.

0 Response to "Jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dengan tingkat keganasannya"

Posting Komentar