Penyebab penyakit kanker kulit dan cara mencegahnya



Penyebab penyakit kanker kulit dan cara mencegahnya. Jika pada artikel sebelumnya telah diberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kanker kulit beserta gejalanya dan tingkat keganasannya, kali ini akan diberikan tentang apa yang menjadi penyebab munculnya kanker kulit dan bagaimana cara mencegahnya.
Sebelum kita mengetahui beberapa faktor penyebab kanker kulit, akan lebih baik bila kita mengetahui apa tugas dan fungsi kulit itu sendiri. Kulit mempunyai fungsi sebagai organ/ indra peraba pada manusia. Selain itu kulit juga berfungsi sebagai pembatas ataupun pelindung tubuh dari kekurangan cairan, bakteri, dan benda-benda berbahaya lainnya. Bagian terluar dari kulit yang selalu berhubungan dengan lingkungan dinamakan epidermis. Meskipun lapisan epidermis kulit ini selalu berganti, namun bagian ini juga punya kemungkinan mengalami kerusakan akibat beberapa sebab, seperti karena pengaruh sinar matahari, infeksi, terluka ataupun akibat berbagai penyakit kulit lainnya. Lapisan epidermis ini terdiri dari berbagai sel, dan lapisan epidermis inilah yang biasanya ditumbuhi/ diserang oleh sel kanker, atau yang biasa disebut sebagai penyakit kanker kulit.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-penyakit-kanker-kulit.html

Beberapa faktor penyebab munculnya penyakit kanker kulit:
  • Riwayat penyakit keluarga
Bila dalam catatan atau riwayat keluarga ada yang pernah menderita kanker kulit, maka ada kemungkinan si keturunan dari penderita tersebut memiliki resiko terkena penyakit kanker kulit juga. Bahkan dari beberapa kasus 5% penderita melanoma memiliki keluarga dengan sejarah/ riwayat  penyakit kanker kulit dengan jenis yang sama. 
  • Tipe kulit
Manusia memiliki berbagai tipe kulit. Tipe kulit yang kekurangan melanin bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Melanin merupakan pigmen yang terdapat pada makhluk hidup. Jika pada manusia melanin memiliki fungsi dan peran dalam memberikan warna pada mata, warna kulit, warna rambut, serta bermanfaat sebagai pelindung dari sinar UV. Jadi tipe kulit yang kekurangan melanin akan sensitif terhadap sinar ultraviolet, sehingga akan mudah terbakar dan melepuh jika terkena sinar matahari. Selain itu, kurangnya melanin juga menyebabkan kulit nampak putih dan pucat dan beresiko terkena penyakit kanker kulit. Hal inilah yang juga mendasari banyak orang untuk berpendapat kalau semakin gelap warna kulit seseorang berarti kadar pigmennya (melanin) tinggi, maka bisa meminimalisir resiko mengidap penyakit kanker kulit.
  • Terlalu sering beraktivitas diluar ruangan
Jika anda semasa hidup terlalu lama beraktivitas di bawah panas teriknya matahari tanpa menggunakan pelindung radiasi sinar uv (matahari), maka itu bisa meningkatkan resiko anda terkena penyakit kanker kulit.
  • Mempunyai banyak tanda lahir
Mempunyai banyak tanda lahir atau yang juga biasa disebut tahi lalat juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terkena penyakit kanker kulit. Banyaknya jumlah tahi lalat ini dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari dan faktor genetik.

Berikut dibawah ini beberapa faktor lain yang beresiko tinggi terserang penyakit kanker kulit:
  • Berusia diatas 40 tahun 
  • Terkena luka bakar 
  • Akibat penyakit kulit seperti lepra dan lupus 
  • Transplantasi organ 
  • Bisul yang tak sembuh-sembuh 
  • Terapi radiasi 
  • Trauma terhadap panas 
  • Kondisi kulit genetis  seperti albino 
  • Ekspos terhadap arsenik
Cara mencegah agar bisa terhindar dari penyakit kanker kulit
Langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit kanker kulit adalah dengan menghindari berbagai faktor penyebab terjadinya penyakit kanker kulit itu sendiri. Dan penyebab yang paling umum timbulnya kanker kulit adalah sinar matahari. Berikut ini beberapa tips ataupun cara mencegah terkena kanker kulit:
  • Hindari terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung, terutama saat siang hari, antara diatas jam 10.00 – 15.00. 
  • Oleskan tabir surya yang dapat melindungi anda dari paparan radiasi sinar uv dari matahari. 
  • Bila anda pekerja yang selalu beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah pakaian pelindung, seperti baju dengan lengan panjang, topi, dan lain sebagainya. Serta gunakan juga kaca mata gelap untuk melindungi mata anda. 
  • Pastikan untuk menggunakan sunblock ketika anda sengaja ingin berjemur dibawah sinar matahari. 
  • Hindari bahan-bahan kimia yang mempunyai sifat karsinogen pada kulit 
  • Hindari ionisasi dengan menggunakan radiasi seperti sinar X yang berlebihan 
  • Selalu jaga kebersihan dan kesehatan tubuh, khususnya kulit dengan mandi 2x sehari, mengkonsumsi makanan yang banyak serat dan mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.
Semoga artikel beberapa faktor penyebab kanker kulit beserta cara pencegahannya ini bisa bermanfaat. Baca juga “jenis-jenis kanker kulit beserta gejala dan tingkat keganasannya” dan “berbagai macam gangguan/ penyakit kulit”.

0 Response to "Penyebab penyakit kanker kulit dan cara mencegahnya"

Posting Komentar