Cara mengobati penyakit diare secara alami



Cara mengobati diare secara alami – penyakit diare tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kita, bahkan bukan hanya penyakit diare saja namun penyakit lainnya, oleh sebab itu kesehatan itu mahal harganya. Membicarakan masalah penyakit diare ini jika tidak ditangani bisa membahayakan kesehatan, sebab orang yang mengalami penyakit ini biasanya mengalami dehidrasi, nah dehidrasi inilah yang membahayakan tubuh kita. Sebenarnya ada banyak pengobatan penyakit diare ini, akan tetapi pengobatan yang baik bukanlah pengobatan yang cepat. Jika anda menggunakan antibiotik, hal ini merupakan solusi yang cepat yang baik. Sebab cara tersebut akan membasmi semua bakteri termasuk bakteri baik yang ada dalam usus serta bisa menghambat pergerakan alami usus. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda mengobatinya dengan cara yang alami, sebab cara ini merupakan cara yang sehat dan tetap bisa mempertahankan jumlah bakteri baik yang mengarah pada pergerakan usus yang lebih baik.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/cara-mengobati-diare.html

Nah berikut ini cara mencegah dan mengobati diare secara alami:
Hal yang harus dihindari supaya diare tidak semakin parah ialah 
  • Hindari mengkonsumsi buah – buahan serta produk yang mengandung serat, buah seperti plum, apel, mangga sebaiknya anda hindari sebab buah ini memiliki sifat pencahar yang bisa memperburuk diare anda. 
  • Hindari yogurt yang mengandung banyak gula, hal ini karena sukrosa yang berlebih juga akan memperburuk diare. Sebaiknya cailah yogurt dengan kultur yang baik, hal ini bisa membantu anda menghasilkan asam laktat dalam usus yang sifatnya membunuh bakteri buruk dan akan membantu anda sembuh dari diare. 
  • Hindari susu dan produk susu, terutama bagi anda yang intoleran atau alergi terhadap laktosa. Laktosa bisa melewati sistem pencernaan usus dengan cepat, sehingga hal tersenut tidak ada waktu untuk bisa diserap. Biasanya laktosa yang berasal dari susu akan meningkatkan diare, hal ini biasanya ditandai dengan perut kembung, perut sakit, dan distensi perut. Akan tetapi untuk yogurt pengecualian, namunhal ini juga tergantung tubuh yang bisa mentolerir yogurt dengan baik. 
  • Minuman bersoda juga bisa melukai perut anda, jadi sebaiknya hindari minuman ini, dan juga hindari semua minuman yang dingin, air hangat akan lebih baik untuk perut anda. 
  • Hindari juga makanan yang terlalu pedas atau panas, sebab bisa memperburuk diare.
Nah untuk mengobati diare secara alami anda bisa melakukan hal – hal berikut ini:
  • Makan dengan menu makanan yang bisa membantu memudahkan pencernaan. Anda bisa makan beberapa biskuit atau kue asin untuk meringankan rasa sakit, kue yang memiliki rasa tawar bisa membuat perut anda menjadi lebih baik, namun jika anda tidak suka, anda bisa mencoba makan nasi saja. 
  • Kopi murni juga bisa membantu anda meredakan diare. 
  • Minum teh tawar atau kaldu bisa meringankan sakit perut, dengan melakukan hal ini secara terus menerus akan mencegah kehilangan cairan. 
  • Minum jahe juga akan membantu anda mengurangi gas atau kembung yang biasanya menyertai diare. Anda bisa minum teh jahe tanpa gula atau hanya sedikit. Namun yang perlu dan perhatikan ialah jahe bisa menganggu efektivitas obat pengencer darah, jadi hindari minum jahe jika anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. 
  • Banyaklah minum air, sebaiknya konsumsi air 8 gelas setiap hari, namun jika anda juga demam sebaiknya minum hingga 3 liter air. Selain itu minum air kelapa, atau air yang mengandung elektrolit, oralit namun hindari minum jus buah. 
  • Lebih baik banyak diam atau istirahat, sebab banyak bergerak akan menambah rasa mual anda. berbaring atau tidur akan lebih baik, sebab makanan akan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan.
Demikian uraian tentang cara mengobati diare secara alami. Baca juga “penanganan pertama penyakit diare pada anak balita” dan “penyebab seseorang terserang penyakit diare”.

0 Response to "Cara mengobati penyakit diare secara alami"

Posting Komentar