Gejala dan pengobatan penyakit tipus (salmonella typhi) pada anak



Pengobatan gejala tipus (salmonella typhi) pada anak – penyakit tipes merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada usus halus karena bakteri. Penyebabnya ialah bakteri salmonella thypi atau salmonella paeartyphi. Bakteri ini masuk melalui makanan menuju saluran pencernaan, lalu bakteri ini berkembang biak dan menembus dinding usus pada saluran limfa dan akhirnya masuk dalam pembuluh darah dalam waktu yang singkat yakni 24 jam hingga 27 jam.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/pengobatan-penyakit-tipus.html

 Dari situ akan muncul gejala tipus yang khas yakni badan panas dan semakin tinggi dari hari ke hari apalagi di waktu sore dan malan hari, dan hal ini akan terjadi secara konstan setiap 7 sampai 10 hari. Dan setiap pagi panasnya akan turun, namun malam hari akan naik lagi, selain demam penderita akan mengalami sakit perut. Pusing kepala, diare, susah buang air besar, sakit tenggorokan, bahkan ada juga yang kehilangan kesadaran.
Penyakit tipus ini bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali anak – anak dan bayi.gejala yang ditimbulkan pada anak biasanya demam dan mulut berbau tidak sedap, diare serta nyeri perut, namun pada anak tidak menimbulkan kehilangan kesadaran, gejala yang dialami pada anak ini biasanya fase demam naik turun, bukan hanya anak – anak, bayi pun juga mengalami hal demikian, hal ini diakibatkan oleh kandungan sang ibu yang terinfeksi tipus atau melalui asi sehingga menularkan bakteri tipus pada bayi.
Untuk pengobatan gejala tipus (salmonella typhi) pada anak ini harus segera ditangani, meskipun yang terlihat hanya demam saja, pada fase yang sudah berat tipus bisa menimbulkan terjadinya kebocoran usus bahkan hingga kematian. Untuk pengobatan penyakit tipus yang alami ialah dengan istirahat total. Namun secara medis pengobatan tipus ini dengan analgesik dan antibiotika. Antibiotika yang diberikan ialah antibiotik jenis Chloramphenikol dan Thiamphenikol yang diberikan sampai 7 – 10 hari. Meskipun panasnya sudha turun,antibiotik ini juga masih harus diminum hingga habis, hal ini jika tidak diminum hingga habs, bakteri tipus yang belum mati akan kembali meyebabkan tipus lagi.
Pengobatan secara tradisional biasanya menggunakan cacing tanah atau rebusan labu. Jika anda suka dengan pengobatan menggunakan cacing ini, anda bisa merebusnya dan air rebusannya diminum atau juga bisa menggunakan kapsul cina yang isinya bubuk cacing tanah. Namun jika menggunakan labu, caranya dibuat jus labu yang telah dibuang kulitnya lalu diminum secara rutin setiap hari. Agar cepat sembuh, penderita tipus harus istirahat total dan diet makanan yangberserat tinggi, dan lebih baik banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan kalori. Karena penyakit tipus ini diakibatkan adanya bakteri salmonella typhi yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman, jadi sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman. Hal yang penting juga ialah selalu cuci tangansebelum makan dan menjaga makanan dan minuman dari berbagai kotoran. Dan untuk anak – anak ini sebaiknya diberikan perhatian supaya tidak jajan sembarangan, bukan hanya itu saja, daging ayam yang belum matang juga bisa tercemar bakteri ini.
Agar anda terhindar dari penyakit tipus ini, terdapat vaksin tipus yang disuntikkan ataupun diminum, vaksin ini bisa melindungi tubuh dari penyakit tipus, dan untuk menjaga kesehatan sebaiknya lakukan olahraga secara teratur dan jaga aktivitas jangan sampai terlelu kelelahan, kelelahan atau stamina yang turun bisa memudahkan berbagai kuman dan bakteri menyerang kekebalan tubuh.
Demikian uraian tentang Gejala dan pengobatan penyakit tipus (salmonella typhi) pada anak. Baca juga "bahaya penyakit alergi pada anak" dan "pertolongan pertama pada anak balita yang terserang diare".

1 Response to "Gejala dan pengobatan penyakit tipus (salmonella typhi) pada anak"

  1. makasih banyak infonya, sangat bermanfaat sekali nih...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-infeksi-usus/

    BalasHapus