Penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala dan tindakan pencegahannya



Penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala dan tindakan pencegahannya – penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat membahayakan jiwa seseorang. Penyakit ini merupakan penyakit laten yang penderitanya terkadang tidak menyadarinya. Penyakit berbahaya ini disebabkan oleh pola makan serta gaya hidup yang kurang baik. Sebelum terlambat ketahuilah beberapa penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala, dan pencegahannya.
Nah berikut ini akan dijelaskan tentang Penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala dan tindakan pencegahannya.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/penyebab-penyakit-jantung.html

Penyebab penyakit jantung secara umum 
  1. Kolesterol. Kolesterol yang tidak baik dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan serangan jantung. kolesterol merupakan lemak dan lemak sangat mudah untuk menggumpal serta membantuk plak dan akhirnya menempel di pembuluh darah, jika terjadi penggumapalan di otak maka akan mengakibatkan stroke. Akan tetapi jika penggumapalan terjadi di bilik jantung maka bisa menyebabkan disfungsi jantung yang akhirnya terjadilah serangan jantung. 
  2. Tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab dari sebagian besar serangan jantung. bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi sangat disarankan untuk memeriksakan jantung anda secara berkala. kenali juga "penyebab tekanan darah tinggi"
  3. Keturunan dan penyakit kronis. Jika orang tua anda pernah menderita penyakit jantung, maka anda akan memiliki resiko yang lebih besar juga mengalami penyakit jantung, namun komplikasi dan penyakit lainnya juga berpengaruh, seperti kolesterol dan darah tinggi. 
  4. Gaya hidup. Pola makan dan gaya hidup akan memmpengaruhi kesehatan apalagi jantung, kebiasaan atau gaya hidup yang dimaksud di sini ialah merokok, minum alkohol, malas olahraga, suka begadang, nah kebiasaan inilah yang bisa menyebabkan serangan jantung. 
  5. Faktor usia dan jenis kelamin. Tentunya anda sudah tahu jika jantung memompa darah setiap detiknya dan selama hidup kita, meskipun begitu jantung juga memiliki umur, dan semakin lama usianya juga akan semakin menurun fungsinya. Umumnya penderita jantung ini berussia sekitar 65 tahun, dan yang paling banyak ialah kaum laki – laki.
Ciri – ciri dan gejala penyakit jantung 
  1. Keluar keringat dingin. Mungkin anda merasa telapak basah dan dingin tanpa adanya sebab, hal ini bisa jadi ada kelainan pada jantung anda. hal ini dikarenakan oleh sirkulasi darah yang tidak teratur. 
  2. Sakit kepala. Ketika terjadi difungsi jantung dan sirkulasi darah terganggu, maka otak akan mengalami efek yang paling utama. Migren dan sakit kepala yang tiba – tiba juga bisa menjadi awal gejala penyakit jantung. 
  3. Nyeri di dada. Serangan jantungakan menimbulkan rasa nyeri di bagian dada, hal ini karena penyumbatan arteri di biliki jantung. meskipun nyeri ini bisa disebabkan olah penyakit lain, akan tetapi jangan dianggap reeh, apalagi yang andarasakan ialah rasa nyeri setelah melakukan aktivitas berat. 
  4. Rasa capek dan lelah. Semakin cepat detak jantung maka anda akan membutuhkan energi yang banyak, nah jika jantung anda terdapat kelainan, maka rasa lelah ini akan sangat cepat terjadi ketika anda melakukan aktivitas  berat bahkan ketika bangun tidur.

Tindakan Pencegahannya. Untuk mencegah penyakit jantung ini anda bisa minum air panas. Kok bisa? Tahukah anda jika orang – orang cina dan jepang suka minum teh panas ketika makan. Hal ini karena ketika kita makan, akan banyak lemak yang terkandung dan jika kita minum air dingin maka makanan yang banyak lemaknya tidak bisa dicerna melainkan akan membeku, sebab lemak akan membeku  pada temperature dingin, dan sebaliknya akan mencair pada suhu panas. Selain minum air panas, hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi serta berlemak, jaga pola makan dan hiduplah dengan gaya hidup yang sehat.
Demikian uraian tentang Penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala dan tindakan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab penyakit jantung, ciri-ciri gejala dan tindakan pencegahannya"

Posting Komentar