Macam-macam batu penyebab gagal ginjal dan pencegahannya

Macam-macam batu penyebab gagal ginjal dan pencegahannya. Setelah pada artikel sebelumnya telah dibahas apa itu penyakit gagal ginjal, besertapenyebabnya dan gejalanya, tentu kita sudah tahu bahwa ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi dalam tubuh manusia yang mempunyai fungsi sebagai penyaring zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Namun, sama halnya dengan organ-organ lainnya, ginjal juga dapat menurun secara kualitas kinerja dan fungsinya, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali dan menjadi penyakit gagal ginjal.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/macam-macam-batu-ginjal.html

Batu penyebab penyakit gagal ginjal
Berikut ini beberapa macam atau jenis-jenis batu penyebab penyakit gagal ginjal yang dikategorikan menurut sesuai mineral pembentuknya:

1. Batu kalsium
Kebanyakan batu yang menyebabkan penyakit ginjal merupakan batu kalsium yang berbentuk kalsium oxalate. Kadar oxalate yang tinggi umumnya sering ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, seperti kacang, dan buah coklat. Organ hati pun juga bisa menghasilkan oxalate. Selain itu makanan, vitamin D dengan dosis tinggi, serta operasi pada saluran pencernaan, dan beberapa kelainan metabolisme juga turut menambah atau meningkatkan kadar konsentrasi oxalate atau kalsium pada urin. Batu kalsium juga bisa terjadi dan berbentuk kalsium fosfat.

2. Batu struvite
Respon tubuh terhadap infeksi pada saluran urin dapat berbentuk batu yang disebut batu struvite. Batu struvite bisa berkembang dan membesar dengan sangat cepat.

3. Batu uric acid (asam urat)
Jenis batu penyebab gagal ginjal ini biasa terbentuk pada seseorang yang kurang minum air (dehidrasi), suka mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi, dan mereka yang memiliki penyakit encok atau asam urat. Selain itu faktor genetik dan kelainan jaringan penghasil darah juga bisa menjadi pemicu terbentuknya batu uric acid ini.

4. Batu cystine
Penyakit ginjal yang disebabkan karena batu cystine memiliki kasus yang sedikit. Kelainan secara turun-menurun yang menyebabkan ginjal menproduksi asam amino (cystinuria) dengan jumlah yang begitu banyak merupakan faktor penyebab terbentuknya batu cystine ini.

Selain beberapa jenis batu ginjal diatas, batu ginjal yang sangat langka juga ditemukan bisa menjadi penyebab penyakit gagal ginjal. Setelah kita mengetahui beberapa jenis batu ginjal dan apa yang menyebabkan batu ginjal tersebut terbentuk dapat memberikan petunjuk sehingga kita dapat melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah ataupun mengurangi resiko terkena batu ginjal.

Pencegahan penyakit batu ginjal
Selalu membiasakan diri dengan mempraktekkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mencegah tubuh terserang penyakit batu ginjal. Untuk lebih jelasnya lakukanlah tindakan pencegahan dengan mengikuti beberapa poin berikut ini: 
  • Ubahlah pola atau gaya hidup anda. 
  • Usahakanlah untuk  minum air putih yang cukup setiap hari. 
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan oxalate, seperti bayam, ubi, teh, coklat, dan produk-produk kedelai. 
  • Pilih makanan yang rendah akan protein hewani. 
  • Batasi penggunaan suplemen kalsium.
Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai beberapa macam batu penyebab gagal ginjal dan cara pencegahannya. Semoga bermanfat, baca juga “penyebab penyakit mata glaukoma”.

0 Response to "Macam-macam batu penyebab gagal ginjal dan pencegahannya"

Posting Komentar