Penyebab penyakit mata glaukoma beserta gejala dan jenis-jenisnya

Penyebab penyakit mata glaukoma beserta gejala dan jenis-jenisnya. Glaukoma adalah penyakit mata yang bisa berpotensi membutakan di mana ada kerusakan secara bertahap pada serabut saraf dari saraf optik. Saraf ini merupakan pembawa sinyal apa yang kita lihat, karena menghubungkan sel-sel ganglion retina ke pusat penglihatan di otak. Di indonesia, glaukoma telah menjadi penyakit kedua penyebab kebutaan setelah penyakit katarak. Penyakit glaukoma ini juga telah membuat sekitar 4,5 juta orang di dunia mengalami kebutaan. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga indra penglihatan kita, mengingat indra penglihatan ini merupakan aset yang sangat penting bagi kehidupan kita. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-penyakit-mata-glaukoma.html

Penyakit mata glaukoma dapat menyerang siapa saja. Untuk menghindari kerusakan mata hingga kebutaan akibat penyakit glaukoma ini, mendeteksi serta penanganan dini adalah jalan satu-satunya. Bagi anda yang memiliki resiko tinggi terserang penyakit ini, sangat disarankan untuk lebih sering memeriksakan mata anda sejak usia anda sudah 35 tahun. Untuk mencegah agar mata kita terhindar dari penyakit glaukoma, kita harus mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebab penyakit glukoma. Berikut ini beberapa faktor penyebab seseorang beresiko terkena penyakit glaukoma:
  • Riwayat kesehatan keluarga ada yang pernah terkena penyakit glaukoma. Resiko lebih tinggi terjadi pada saudara kandung dibandingkan dengan orang tua ataupun anaknya. 
  • Tekanan terhadap bola mata tinggi 
  • Diabetes (kencing manis) dengan gula darah tinggi yang lama 
  • Rabun jauh (miopia) 
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) 
  • Migrain, atau penyempitan pembuluh di darah otak 
  • Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu yang cukup lama 
  • Pernah operasi mata ataupun kecelakaan sebelumnya 
  • Berusia lebih dari 45 tahun
Berikut ini jenis-jenis penyakit glaukoma beserta penyebabnya:
1. Glaukoma Sudut-Terbuka Primer (Primary Open-Angle Glaucoma)
Glaukoma Sudut-Terbuka Primer (Primary Open-Angle Glaucoma) adalah jenis penyakit glaukoma yang umumnya menyerang manula dengan usia diatas 50 tahun. Penyakit glaukoma jenis ini berkembang secara perlahan, dan tidak menyakitkan. Oleh karena itu terkadang penderita tidak menyadari kalau penglihatannya semakin memburuk. Kualitas penglihatan di sekeliling pinggiran luar (parifer) dan penglihatan di malam hari akan menurun terlebih dulu sebelum penglihatan sentral. Penyebab penyakit glaukoma jenis ini adalah adanya tekanan bola mata yang tinggi. Tekanan bola mata yang normal adalah sekitar 14-16 mmHg, namun pada mata yang menderita penyakit glaukoma tekanan bola mata lebih dari 20 mmHg. Kerusakan mata ini disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi cairan dan pembuangan dalam bola mata. Tekanan diatas normal yang terus menerus ini akan sedikit demi sedikit merusak syaraf sehingga kualitas penglihatan menurun. Oleh karena itu anda yang berumur diatas 50 tahun disarankan untuk memeriksakan mata.
2. Glaukoma sudut tertutup (Angle Closure Glaucoma)
Penyebab glaukoma jenis ini adalah rabun jauh (miopia). Seseorang yang memiliki penglihatan jauh dengan kualitas yang buruk akan beresiko terkena penyakit glaukoma ini. selain itu, glaukoma jenis ini juga disebabkan bawaan dari lahir atau keturunan dari keluarga. Penyebab penyakit glaukoma jenis ini adalah kurangnya cairan mata yang melalui ruang antara iris dan lensa mata.

3. Pigmentary Glaukoma
Penyebab penyakit glaukoma jenis ini merupakan penyakit turunan dari penyakit glaukoma jenis glaukoma sudut-terbuka primer. Selain itu pria dengan kaca mata minus (miop), akan lebih sering terserang penyakit glaukoma jenis ini dibandingkan wanita.
4. Glaukoma Kongenital (Congenital Glaukoma)
Tidak normalnya sistem pengaliran cairan mata merupakan penyebab munculnya penyakit glaukoma jenis ini. hal semacam ini biasanya dibawa sejak lahir yang kemudian berkembang. Penyakit glaukoma jenis ini dapat diketahui sejak dini dengan memeriksa mata anak anda, apakah sensitif terhadap cahaya, dan apakah mata berair secara berlebihan.
5. Glaukoma Sekunder (Secondary Glaukoma)
Glaukoma jenis ini terjadi akibat kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma serta operasi mata sebelumnya. Perlu diketahui juga, penggunaan obat tetes mata atau tablet yang mengandung steroid juga bisa meningkatkan tekanan pada mata. Oleh karena itu, dalam menggunakan obat-obatan tersebut anda harus perhatikan penunjuk pemakaiannya.  

Gejala penyakit mata glaukoma
Gejala awal yang muncul pada penderita glaukoma adalah seperti saat memandang sumber cahaya (lampu) akan timbul warna pelangi di sekeliling sumber cahaya tersebut, mata membengkak dan terasa sakit, penglihatan menjadi kabur, ingin berkedip secara terus-menerus dengan kedipan yang menekan. Namun seringkali penyakit glaukoma tidak menimbulkan gejala atau rasa sakit, selain itu terjadinya kerusakan syaraf penglihatan itu pun juga perlahan-lahan, oleh karena itu penderita glaukoma terkadang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terserang penyakit mata yang serius, karena inilah penyakit glaukoma disebut juga penyakit “pencuri penglihatan”.
Itulah penyebab penyakit mata glaukoma beserta gejala dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca juga “penyebab penyakit ginjal beserta gejalanya” dan "penyebab penyakit cacingan pada anak".


0 Response to "Penyebab penyakit mata glaukoma beserta gejala dan jenis-jenisnya"

Posting Komentar