Penyebab kulit gatal-gatal secara mendadak

Penyebab kulit gatal-gatal secara mendadak. Gatal-gatal pada kulit merupakan sebuah kondisi dimana kulit sedang mengalami gangguan sehingga menimbulkan rasa gatal pada kulit, dalam istilah kedokteran, hal ini disebut “Pruritus”. Gatal pada kulit umumnya merupakan gejala dari berbagai penyakit kulit atau kelainan kulit. Timbulnya rasa gatal (pruritus) melibatkan suatu proses yang rumit dari respon syaraf terhadap mediator tertentu (seperti histamin) serta melibatkan pemrosesan sinyal saraf di otak.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-kulit-gatal-mendadak.html

Penderita penyakit gatal ini akan merasakan rasa yang tidak nyaman, bahkan dalam kasus yang berat, rasa gatal juga dapat menyebabkan rasa gelisah, tidur terganggu, dan depresi. Dan untuk menimbulkan rasa lega, si penderita biasanya akan menggaruk kulit yang terserang gatal-gatal tersebut secara terus-menerus bahkan terkadang sampai menimbulkan luka pada kulit.
Sebelum kita mengetahui tentang gangguan-gangguan pada kulit yang menyebabkan rasa gatal, terlebih dulu kita ketahui bagaimana mekanisme terjadinya rasa gatal tersebut. Sebelumya kita telah tahu bahwa kulit merupakan indra peraba yang memiliki banyak reseptor di bagian epidermis/ mesodermis. Gangguan yang terjadi pada bagian kulit ini akan mengirimkan sinyal atau impuls ke otak untuk mengatakan bahwa kulit tersebut sedang mengalami gangguan kulit yang disebut rasa gatal. Mayoritas dari reseptor tersebut adalah ujung saraf bebas dari indera peraba, saraf-saraf tersebut membawa sinyal atau pesan rasa gatal dan sakit yang telah dideteksi otak untuk diolah atau dicerna.
Reseptor saraf indera adalah ujung saraf yang paling umum di semua sistem saraf tubuh. Bila reseptor saraf ini bekerja secara maksimal maka rasa sakit dan nyeri akan dirasakan, sedangkan bila reseptor tersebut hanya mendeteksi gangguan dengan tingkat yang ringan, maka rasa gatal lah yang dikirim sebagai impuls ke otak. Sebagai contoh bila kita mendekatkan kulit kita ke sumber panas, maka perasaan gatal lah yang pertama kali muncul, namun jika diteruskan dan semakin dekat dan dekat, maka perasaan gatal ini akan berubah menjadi rasa sakit dan nyeri. Hal seperti ini bisa dianalogikan seperti luka atau borok yang terasa gatal ketika mau sembuh, hal tersebut terjadi karena penyembuhan luka sudah mencapai lapisan epidermis dan mesodermis kulit, dimana pada lapisan tersebut terdapat banyak sekali reseptor dari saraf indera peraba.
Penyebab rasa gatal pada kulit
Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal atau beberapa gangguan, berikut ini beberapa gangguan yang dapat menimbulkan rasa gatal di kulit: 
  • Gangguan bakteri 
  • Gangguan jamur 
  • Gangguan hewan 
  • Terpapar bahan kimiawi
1. Gatal pada kulit yang disebabkan oleh gangguan bakteri    
Gangguan bakteri dapat memicu timbulnya rasa gatal pada kulit, contohnya pada kulit yang luka atau lecet dan terinfeksi bakteri akan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu pada kulit.
Gangguan jamur menjadi salah satu penyebab gatal-gatal pada kulit
Gangguan jamur merupakan penyebab gatal yang paling umum diderita oleh manusia, contoh gangguan atau penyakit yang disebabkan oleh jamur adalah penyakit kurap dan panu. Penyakit panu dan kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan adanya jamur yang berkembang di kulit, baca selengkapnya pada artikel sebelumnya “penyebab penyakit panu dan penyebab penyakit kurap”.
2. Gangguan hewani pemicu gatal di kulit
Selain gangguan bakteri dan jamur, gangguan hewani juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa gatal-gatal pada kulit, seperti kutu rambut yang menjadi penyebab gatal pada kulit kepala, kutu atau tungau sarcoptes scabiei yang menjadi penyebab penyakit kudis atau gudikan.
3. Bahan-bahan kimia penyebab gatal di kulit
Bahan-bahan kimia tertentu juga bisa menjadi penyebab gatal-gatal pada kulit. Sepeti jenis obat-obatan tertentu yang dapat menimbulkan alergi, sabun, bahan-bahan kosmetik dan lain-lain atau sebagainya. Rasa gatal akibat bahan kimia ini biasanya dapat diketahui saat rasa gatal tiba-tiba muncul mendadak setelah memakai atau mengkonsumsi zat, obat, atau makanan-makanan tertentu.
Itulah beberapa gangguan yang menjadi penyebab timbulnya rasa gatal di kulit. Untuk mencegah atau menghindari dari penyakit gatal tersebut, menjaga sanitasi dan kebersihan kulit merupakan hal yang paling penting. Namun rasa gatal itu sering kali bukanlah penyakit utama, melainkan rasa gatal tersebut hanyalah gejala dari penyakit-penyakit lainnya, seperti penyakit diabetes, cacar air, kelenjar getah bening, dan lain sebagainya. Sampai disini dulu artikel yang membahas tentang penyebab kulit gatal-gatal secara mendadak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca juga “kenali bahaya cacingan pada anak dan cara mengobatinya” dan "penyebab penyakit campak".

Sumber: gejala dan penyebab penyakit

0 Response to "Penyebab kulit gatal-gatal secara mendadak"

Posting Komentar