Penyebab penyakit cacar air dan cara penanganannya agar cepat sembuh

Penyebab penyakit cacar air dan cara penanganannya agar cepat sembuh. Cacar air (varicella simplex) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit cacar air juga merupakan penyakit yang menular. Penderita cacar air biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti panas, pilek, lesu, dan nafsu makan menurun. Setelah itu dalam beberapa hari kemudian akan mulai muncul bentol-bentol kemerahan di kulit akan. Bentol-bentol dikulit berisi cairan dan sangat mudah sekali pecah apabila tersentuh atau kegesek karena memiliki dinding kulit yang tipis. Adanya bentol-bentol ini juga menyebabkan si penderita merasa nyeri dan gatal-gatal sehingga si penderita sangat ingin untuk menggaruknya. Sebenarnya bentol-bentol cacar air ini bisa mengiring dan sembuh dengan sendirinya, namun biasanya akan meninggalkan bekas hitam pada kulit. Namun anda jangan terlalu khawatir karena lama-kelamaan bekas-bekas hitam dari penyakit cacar ini juga bisa memudar, asalkan luka atau infeksi kulit yang terjadi tidak terlalu dalam dan parah. Oleh karena itu bagi si penderita cacar air, sebaiknya jangan menggaruk kulit yang terserang cacar air sebab hal tersebut justru akan memperdalam luka/ infeksi kulit sehingga malah memperlama penyembuhan.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-penyakit-cacar-air.html

Cara menangani cacar air agar cepat sembuh
Penyakit cacar air memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun cacar air ini bisa kembali datang dan menyerang apabila kondisi daya tahan tubuh orang tersebut melemah. Dalam masa penyembuhan penyakit cacar air, usahakanlah selalu menjaga agar kulit tersebut tidak mengalami infeksi, selain itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin terutama vitamin C dan E, seperti  mengkonsumsi jambu biji, tomat, makanan hasil olahan lidah buaya, atau sebagainya.
Selain itu diperlukan juga lotion pelembab untuk menghindari terjadinya iritasi lebih lanjut. Umumnya, penyakit cacar air ini menyerang anak-anak dengan usia dibawah 10 tahun, namun orang dewasa pun juga bisa terserang penyakit kulit yang satu ini. Seseorang dapat mencegah agar terhindar dari penyakit cacar air ini dengan melakukan vaksinasi. Selain itu, untuk mencegah penularan virus penyebab cacar air (varicella-zoster), hindari berkontak langsung dengan si penderita ataupun jangan memakai handuk, baju atau sebagainya secara bergantian dengan si penderita cacar air karena virus penyebab cacar air ini sangat mudah sekali menular pada saat 2 hari sebelum munculnya bentol-bentol pada kulit hingga seminggu kedepannya, lalu mengering, dan menjadi koreng.
Anda sebagai orang tua sebaiknya tahu dan mengenali gejala-gejala umum yang sering terjadi apabila anak atau buah hati anda terserang penyakit cacar air ini. meskipun penyakit cacar air ini tidak memerlukan penanganan khusus, namun perlu juga dilakukan perawatan serta pengobatan agar gejala yang ditimbulkan dari cacar air bisa berkurang dan dapat sembuh dengan cepat. Selain itu, bagi penderita cacar air yang memiliki sistem daya ketahanan tubuh yang lemah, seperti pada bayi atau ibu hamil, perlu dilakukan tindakan khusus yaitu memberikan pertolongan medis agar tidak terjadi komplikasi penyakit.
Penyebab timbulnya penyakit cacar air adalah virus varicella-zoster. Oleh karena itu tidak ada pengobatan kecuali dilakukan pemberian vaksin pada saat bayi atau anak-anak, sehingga virus tersebut akan hilang. Selain itu penderita cacar air harus selalu menjaga kondisi kesehatan dan asupan gizi serta harus selalu menjaga sanitasi agar penyakit cacar air ini tidak menular dan menyebar ke orang lain. Penyakit cacar ini berbeda lagi dengan penyakit panu dan penyakit kurap yang merupakan penyakit kulit akibat adanya jamur.  

0 Response to "Penyebab penyakit cacar air dan cara penanganannya agar cepat sembuh"

Posting Komentar