Penyebab batuk berdahak beserta cara mengobatinya dengan ramuan alami

Penyebab batuk berdahak beserta cara mengobatinya dengan ramuan alami. Batuk adalah cara tubuh untuk mengeluarkan zat ataupun benda-benda asing yang ada di saluran pernafasan. Batuk dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak (batuk kering). Batuk berdahak adalah batuk yang dibarengi dengan keluarnya dahak (sputum) yang berupa lendir dari tenggorokan pada saat batuk. Dahak atau lendir tersebut merupakan hasil produksi dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat-zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Batuk berdahak ini biasanya akan diberikan obat-obat yang dapat membantu mengeluarkan dahak (ekspektoran) ataupun obat-obat yang dapat mengencerkan dahak (mukolitik) sehingga akan mudah untuk dikeluarkan. Contoh obat-obatan ekspektoran seperti amonium klorida, ipekak, gliseril guaiakol, dan jenis-jenis obat lainnya. Sedangkan contok obat-obat mukolitik adalah bromheksin, asetilsistein, dan ambroksol. Namun agak sedikit membingungkan karena sebagian besar obat batuk mencampurkan zat antitusif dan zat ekspektoran, padahal kedua zat tersebut mempunyai cara kerja yang berlawanan. Mungkin karena batuk berdahak juga dapat membuat penderita kelelahan karena seringnya batuk, sehingga batuk perlu ditekan dengan zat antitusif. Namun saat ini beberapa produsen obat sudah mulai membedakan antara obat batuk berdahak dan obat batuk tidak berdahak (batuk kering).
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-batuk-berdahak.html

Pada umumnya batuk berdahak akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun bila batuk berdahak tersebut disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada saluran pernafasan. Maka penyembuhan batuk tersebut pun akan membutuhkan waktu yang lama, dan memerlukan penanganan khusus dengan pemberian obat antibiotika dan obat antibakteria. Batuk berdahak yang disebabkan karena adanya infeksi saluran pernafasan biasanya ditandai dengan gejala yaitu dahak yang keluar banyak, kental, biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan.
Mengenali jenis dahak pada batuk beserta bahayanya: 
  • Dahak berwarna putih disebabkan karena adanya infeksi virus. 
  • Dahak berwarna kekuningan atau kehijauan yang biasanya juga disertai demam, menunjukkan adanya infeksi bakteri seperti bronchitis. Kondisi seperti ini pada umumnya harus diberikan antibiotik, oleh karena itu sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter saja. 
  • Dahak berdarah atau berwarna gelap merupakan dahak yang menunjukkan adanya penyakit serius dari dalam tubuh seperti tuberculosis (TBC) atau kanker. Anda harus benar-benar berhati-hati bila mengalami batuk yang mengeluarkan dahak seperti ini, segera periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang anda derita.
Penyebab munculnya batuk berdahak:
1. Virus
Batuk berdahak bisa disebabkan karena adanya serangan virus. Penderita batuk berdahak ini umumnya juga akan mengami pilek atau flu akibat adanya serangan virus. Batuk berdahak jenis ini umumnya juga dipicu oleh adanya lendir pada hidung yang masuk ke tenggorokan.
2. Infeksi
Penyebab batuk berdahak lainnya adalah adanya infeksi pada saluran pernafasan atas dan paru-paru. Batuk seperti ini juga merupakan salah satu gejala dari penyakit tuberkulosis, bronkitis, sinusitis, dan pneumonia.
3. Penyakit paru-paru kronis
Penyakit paru-paru kronis / penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) umumnya di tandai dengan gejala yang salah satunya adalah batuk berdahak. Jika keadaan penyakitnya semakin memburuk, maka gejalanya pun juga akan semakin parah.
4. Asam lambung naik
Penyakit Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung biasanya juga ditandai dengan gejala batuk berdahak. Kenaikan asam lambung hingga ke tenggorokan akan memicu terjadinya batuk, sehingga sering kali pada keadaan ini biasanya membuat anda akan terbangun dari tidur.
Ramuan herbal/ obat alami untuk mengobati ataupun meredakan batuk berdahak:
1. Membuat ramuan dari jahe untuk mengobati batuk berdahak
Jahe selain bisa menghangatkan tubuh juga mengandung anti-bakteri yang juga dapat mengobati batuk berdahak. Jika anda saat ini sedang terserang batuk berdahak, cobalah untuk membuat minuman sari jahe untuk meredakan batuk anda. Caranya: irisan jahe digeprak/ dimemarkan, kemudian seduh dengan air panas dan tambahkan dengan gula. Di daerah saya minuman ini disebut wedang jahe. Minum wedang jahe ini 2 kali sehari untuk mengobati batuk berdahak anda.

2. Mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis yang ditambah dengan kecap dan madu
Batuk berdahak juga dapat diobati dengan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap dan madu. Caranya: potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu peras untuk mengambil airnya. Lalu tambahkan kecap, dan minum obat alami ini 2-3 kali sehari. Bila anda tidak suka dengan kecap, maka anda bisa menggantinya dengan madu.

3. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh telah dipercaya dapat memberikan manfaat untuk menghilangkan batuk berdahak, Cara membuanya adalah dengan menggunakan bunga dari belimbing wuluh. Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh, lalu campurkan dengan beberapa butir adas. Tambahkan juga gula dan juga air segelas dan ditim. Bila sudah agak dingin, saring dan minumlah ramuan tersebut sebagai obat herbal pereda batuk berdahak.

4. Lada putih bubuk dan madu
Caranya sangat mudah sekali, anda hanya perlu mencampurkan ladah puti bubuk dengan teh madu. Kemudian minumlah ramuan alami ini untuk menghilangkan batuk berdahak.

5. Kencur sebagai obat alami penghilang batuk
Caranya: ambil 1 rimpang kencur, kemudian kunyah hingga halus, dan ditambah dengan sedikit garam. lalu telan dengan dibantuk air hangat. Lakukan pengobatan ini pagi dan sore hari.

6. Kunyit
Caranya: kunyit ditumbuk, kemudian campurkan ke 1 gelas susu, dan tambahkan juga madu. Minum ramuan ini untuk obat alami penghilang batuk. Karena kunyit mempunyai khasiat untuk menghilangkan batuk.
Demikianlah artikel mengenai penyebab batuk berdahak beserta cara mengobatinya dengan ramuan alami. Semoga bisa bermanfaat, baca juga “penyebab darah tinggi dan cara mengobatinya” dan "penyebab bau mulut".

Sumber: gejala dan penyebab penyakit                     

0 Response to "Penyebab batuk berdahak beserta cara mengobatinya dengan ramuan alami"

Posting Komentar