Penyebab mimisan (hidung berdarah) beserta pertolongan petama untuk mengatasinya

Penyebab mimisan (hidung berdarah) beserta pertolongan petama untuk mengatasinya. Mimisan dan epistaksin adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung yang terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, baik itu balita, anak-anak, atau orang dewasa. Banyak penyebab mengapa seseorang bisa mimisan, dan salah satu faktor penyebabnya adalah perubahan cuaca. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini beberapa penyebab orang mimisan:
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/penyebab-mimisan.html

Penyebab mimisan :
  • Cuaca panas
Pada cuaca yang sangat panas, maka kelembaban pun berkurang, sehingga bagian setrum akan kekeringan. Pada kondisi seperti ini akan mudah sekali terjadi pendarahan pada hidung.
  • Tumor
Mimisan juga bisa terjadi bila seseorang tersebut menderita penyakit tumor pada rongga hidungnya (angiofibroma). Tumor ini biasanya menyerang anak pada usia muda atau orang dewasa muda. Tumor ini biasanya terlihat seperti benjolan dengan ukuran sebesar biji nangka berwarna merah keputihan  di hidungnya.
Mimisan juga sering terjadi akibat adanya infeksi sistemik seperti demam berdarah. Pada kasus demam berdarah, mimisan seperti ini merupakan tanda bahaya, anak atau penderita harus di bawah ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan khusus secara intensif. Namun, umumnya mimisan yang disebabkan karena demam berdarah seringkali juga diikuti dengan pendarahan pada organ lain, sehingga mimisan tersebut disebabkan karena demam berdarah atau karena penyebab lainnya akan mudah untuk dibedakan.
Bahaya dan tidaknya mimisan itu tergantung dari penyebabnya. Apabila disebabkan karena demam berdarah itu sangat berbahaya, karena itu merupakan pertanda penyakit tersebut dalam stadium berat.
Meski masih banyak sebagian orang yang menganggap penyakit mimisan tidaklah berbahaya, namun anda jangan begitu menyepelekan penyakit mimisan ini, anda perlu menyadari apa yang menjadi penyebab penyakit mimisan itu, karena mimisan bisa saja menajadi pertanda gejala penyakit yang serius.
Nah, apabila ada seseorang yang mengalami hidung mimisan, berikut ini cara atau tips pertolongan pertama mengatasi hidung mimisan dengan cepat:

Pertolongan pertama mengatasi hidung mimisan:
  1. Penderita mimisan lebih baik didudukkan agar posisi hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan suruh penderita untuk tidur terlentang sebab dalam posisi tersebut aliran darah ke hidung akan bertambah lebih deras dan bisa tertelan kebelakang. 
  2. Agak bungkukkan badannya, kemudian beri instruksi agar penderita bernafas melalui mulut.
  3. Tekan cuping hidung penderita kurang lebih selama 5 menit.
  4. Kompres dingin hidungnya untuk memperlambat aliran darah ke hidung.
  5. Apabila setelah 5 menit mimisan belum juga berhenti, maka coba cuping hidungnya sekali lagi selama 10 menit.
  6. Apabila  masih tetap berdarah, maka bawalah penderita ke rumah sakit terdekat.
  7. Sebaiknya setelah melakukan pertolongan pertama hidung mimisan ini, meskipun mimisannya sudah mampet, akan lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter agar lebih tahu apa penyebab hidung mimisan  pada anak ini, apa karena terbentur benda keras, atau karena ada penyakit lainnya.
Itulah penyebab mimisan (hidung berdarah) beserta pertolongan petama untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua agar selalu siap siaga apabila terjadi pendarahan hidung atau mimisan. Jangan lupa baca juga “cara alami menghilangkan panu secara permanen” dan "penyebab penyakit maag beserta cara mengatasinya".

Sumber: gejala dan penyebab penyakit

0 Response to "Penyebab mimisan (hidung berdarah) beserta pertolongan petama untuk mengatasinya"

Posting Komentar