Faktor penyebab penyakit asma, gejala, dan cara pencegahannya



Faktor penyebab penyakit asma, gejala, dan cara pencegahannya. Penyakit asma adalah suatu keadaan dimana terjadi penyempitan saluran pernafasan sehingga si penderita akan kesulitan dalam bernafas karena jalan keluar masuknya udara/ oksigen terhambat. Kebanyakan penderita penyakit asma ini adalah seseorang yang memiliki saluran pernafasan yang sangat sensitive  terhadap rangsangan, seperti akibat rangsangan atau terpicu oleh dinginnya udara, debu, bulu binatang, dan lain sebagainya. Penyakit asma tidak menular hanya saja penyakit asma ini merupakan penyakit turunan, jadi keturunan penderita penyakit asma, kemungkinan juga akan mengidap penyakit asma juga. Penyakit asma biasa menyerang siapa saja baik itu orang dewasa ataupun anak-anak dan bersifat hanya sementara. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/penyebab-penyakit-asma.html
Faktor penyebab penyakit asma
Penyakit asma diperkirakan terjadi disebabkan karena adanya faktor dari dalam (genetik) dan faktor dari luar. Namun sebab terjadinya penyakit asma ini sebenarnya masih diperkirakan dan masih belum tahu pasti apa sebenarnya yang menjadi penyebab penyakit asma ini. namun ada beberapa faktor atau hal yang dapat memicu terjadinya penyakit asma ini.


1. Faktor dari dalam

  • Turunan (genetik)

Penyakit asma juga merupakan penyakit turunan. Jadi jika dalam sebuah keluarga ada yang memiliki riwayat terkena penyakit asma, maka ada kemungkinan besar keturunannya juga bisa terserang/ mengidap penyakit asma ini.


2. Faktor dari luar

  • Udara dingin

Suhu udara yang dingin juga merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit asma. Misalnya, suhu AC ruangan yang terlalu dingin dapat memicu timbulnya penyakit asma, berkendara di malam hari tanpa menggunakan jaket juga sangat berbahaya bagi penderita penyakit asma.

  • Faktor makanan & minuman

Penderita penyakit asma ini juga sangat sensitif terhadap makanan dan minuman. Ada beberapa makanan atau minuman yang harus dihindari oleh pengidap penyakit asma ini, karena beberapa makanan/ minuman tersebut dapat menyebabkan penyakit asma kambuh. Beberapa makanan yang disarankan untuk dihindari oleh penderita asma adalah makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung banyak bahan pengawet, dan minuman yang bersifat dingin.

  • Faktor Lingkungan

Lingkungan juga bisa menjadi faktor penyebab kambuhnya penyakit asma. Seperti lingkungan yang berdebu, kotor, berasap ataupun kurang nyaman akan mudah sekali memicu terjadinya penyakit asma ini. Oleh karena itu bagi penderita asma seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitarnya. Selain itu penyakit asma juga dapat dipicu oleh bulu-bulu hewan seperti kucing, anjing dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi anda atau anak anda yang menderita penyakit asma ini, usahakan untuk menghindari memelihari hewan-hewan yang dapat memicu kambuhnya asma tersebut. Hindari juga boneka-boneka yang memiliki bulu halus, apalagi bila bulunya sangat mudah rontok.

Gejala-gejala penyakit asma

Penderita penyakit asma akan merasa sangat tidak nyaman saat penyakit asma itu kambuh. Selain itu orang-orang terdekat si penderita yang melihat penyakit asma kambuh pasti akan merasakan panik. Berikut ini gejala-gejala penyakit asma yang timbul atau dirasakan penderita saat asma menyerang:

  • Nafas pendek 
  • Terdapat bunyi lenguhan ketika bernafas 
  • Saat bernafas terasa sesak, hal ini diakibatkan karena adanya penyempitan saluran pernafasan 
  • Sulit sekali bernafas, biasanya terjadi ketika malam hari hingga menjelang pagi.

Tips atau cara pencegahan penyakit asma

Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab atau pemicu terjadinya penyakit asma beserta gejala-gejalanya, diharapkan para penderita penyakit asma ini bisa lebih perhatian serta waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kambuhnya penyakit asma tersebut. Sehingga kambuhnya serangan penyakit asma dapat dicegah. Berikut ini beberapa cara tindakan pencegahan serangan asma:

  • Selalu jaga kebersihan lingkungan disekitar anda. Usahakan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anda khususnya seperti: kasur, sprei, bantal, karpet dan lain sebagainya. Usahakan lingkungan anda tidak berdebu ataupun kotor. 
  • Jangan biarkan hewan peliharaan anda masuk kedalam rumah anda. karena bulu-bulu hewan juga bisa menjadi penyebab kambuhnya asma. 
  • Perhatikan juga sirkulasi udara di semua ruangan rumah anda. ruangan yang lembab bisa menjadi tumbuhnya jamur pemicu ataupun penyebab penyakit asma. 
  • Usahakan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh anda. perhatikan asupan gizi anda, selain itu olahraga juga penting bagi si penderita penyakit asma ini. 
  • Alergi dan penyakit asma bisa saling berhubungan, oleh karena itu jaga/ perhatikan hal-hal yang menjadi penyakit alergi anda dengan konsultasi ke dokter. baca juga "beberapa faktor pemicu alergi (alergen)"
  • Hindari kelelahan fisik yang terlalu dan juga jaga pikiran anda agar tidak terlalu stress ataupun emosional karena hal tersebut juga bisa menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma. 
  • Hindari debu, asap kendaraan ataupun asap rokok karena juga bisa menjadi penyebab munculnya serangan asma. 
  • Waspada juga akan perubahan cuaca dengan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sehingga sistem kekebalan tubuh lebih terjaga.




1 Response to "Faktor penyebab penyakit asma, gejala, dan cara pencegahannya"