Pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh mendadak



Pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh mendadak. Penyakit asma (sesak nafas) saat kambuh/ menyerang memang akan membuat orang disekitar penderita panik, apalagi bila orang tersebut belum pernah tahu sebelumnya bagaimana cara menangani ataupun menolong seseorang yang terserang penyakit asma secara tiba-tiba. Penyakit asma memang bisa sangat berbahaya apabila dibiarkan secara terus-menerus. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan kami berikan tindakan penanganan pada serangan asma yang tiba-tiba kambuh, sedangkan si penderita tidak membawa obat asma. Untuk lebih jelasnya tentang penyakit asma baca artikel sebelumnya, “gejala penyakit asma, penyebabnya, dan cara mencegahnya”.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/03/pertolongan-pertama-pada-penderita-asma.html

Bagi anda yang pertama kali melihat seseorang dari keluarga, kerabat, ataupun teman yang sedang kesulitan nafas karena penyakit asmanya sedang kambuh, dan kebetulan si penderita sedang tidak membawa obat asma. Usahakan anda jangan panik terlebih dulu, karena panik saja tidak akan menselesaikannya, justru malah membuat anda kesulitan serta memperburuk keadaan. Untuk lebih jelasnya, simaklah beberapa tindakan pertolongan pertama yang perlu dilakukan pada penderita asma (sesak nafas) berikut ini:
  1. Pertama-tama jangan panik, bawalah si penderita ke tempat yang sejuk dan nyaman. 
  2. Sandarkan si penderita di tembok atau kursi dalam posisi setengah duduk. sangat tidak dianjurkan/ hindari memposisikan penderita dalam posisi berbaring/ tidur. 
  3. Berilah si penderita miinuman air hangat meskipun sedikit, ini bisa membantu meringankan serangan asma. 
  4. Pijat secara perlahan-lahan jempol kaki si penderita, yaitu dibagian syaraf paru-paru tepatnya 3-5 cm diatas ruas jempol. 
  5. Bila dalam waktu lebih dari 15 menit serangan asma tidak kunjung sembuh juga. Bawalah si penderita ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut agar mendapat pengobatan yang lebih tepat.
Beberapa hal tindakan diatas hanyalah sebuah tindakan pertolongan pertama pada penderita asma. Tindakan-tindakan tersebut bisa anda jadikan pengalaman untuk dilakukan saat anda dihadapkan pada penderita asma yang sedang kambuh, sehingga anda tidak lagi panik yang justru malah memperburuk keadaan. Sampai disini dulu artikel penangan pertama pada serangan asma yang kambuh. Semoga bermanfaat, baca juga “faktor penyebab penyakit asma beserta cara mencegahnya” dan “cara mengobati penyakit asma”.

2 Responses to "Pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh mendadak"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Pertolongan pertama pada penderita ashma bisa dengan terapi inhalasi, bisa di UGD rumah sakit, buat anda yang sudah biasa terapi inhalasi di rumah sakit anda bisa membeli alat ini di Toko alat kesehatan Alkes Medika atau silahkan lihat produknya disini Nebulizer

    BalasHapus