Penyebab penyakit hepatitis beserta cara penanggulangannya

Penyebab penyakit hepatitis beserta cara penanggulangannya – penyakit hepatitis ialah penyakit peradangan yang terjadi pada organ hati yang disebabkan oleh banyak hal. Penyakit ini sangat berbahaya sebab bisa merusak fungsi dari organ hati yang mempunyai fungsi sebagai penyaring racun dalam darah yang masuk ke dalam tubuh manusia. Jika penyakit hepatitis ini semakin parah, maka akan menyebabkan kanker hati yang menyebabkan menyusutnya volume hati. Ada banyak macam jenis penyakit hepatitis diantaranya A, B, C, D, dan E. Namun biasanya hanya penyakit hepatitis B saja yang diketahui oleh masyarakat. Penyakit ini sulit dicegah karena kepadatan penduduk yang telah melampui batas dan juga sanitasi lingkungan yang kurang baik.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/penyebab-penyakit-hepatitis.html
Gejala yang ditimbulkan diantaranya:
  • Rasa mual di perut bagian kanan, mual, kembung, dan perasaan ingin muntah. 
  • Mudah merasa lelah dan nyeri pada sendi otot 
  • Nafsu makan hilang yang akibatnya menyebabkan tubuh kekurangan gizi. 
  • Demam berkepanjangan maupun berhenti dan kambuh lagi. 
  • Di tahap berikutnya, warna kulit dan putih mata akan berubah menjadi kuning sebab zat albumin atau zat racun dalam darah tersebar karena tidak bisa tersaring dalam hati.
Hepatitis A. Virus hepatitis A biasanya terdapat pada kotoran penderita penyakit ini, dan virus ini bisa hidup di air atau es batu. Virus ini bisa menyebar karena seseorang minum air yang telah tercemar oleh virus VHA, mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar, atau karena orang yang memasakany tidak mencuci tangannya. Bukan hanya itu saja, tidka mencuci tangan setelah menggunakan toilet juga bisa menyebabkan virus yang ada pada kotoran manusia bisa berpindah.
Hepatitis B. Virus ini biasanya menular melaui darah atau cairan tubuh seperti air liur, air mani, cairan vagina yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Hal ini keran enyakit hepatitis B juga terdapat dalam darah dan cairan tersebut. Bukan hanya itu saja, melalui tranfusi darah, pisau cukur, perawatan gigi, jarum suntik, gunting kuku yang digunakan untuk membuat tato juga bisa memindahkan sejumlah kecil darah yang telah terinfeksi virus hepatitis ini. Bahkan noda darah yang sudah mengering pun juga bisa menulari orang lain. Cara lainnya ialah karena terbawa sejak dalam kandungan oleh seorang ibu yang memiliki penyakit ini atau karena hubungan seks. Hepatitis C, penularannya hampir sama dengan hepatitis B, namun lebih banyak karena jarum suntik.
Itulah tadi penyebab hepatitis dan cara penaggulangannya akan dijelaskan sebagai berikut:
Sebaiknya lakukan perawatan sejak dini supaya penderita bisa disembuhkan. Jika semakin lambat ditangani maka virus akan semakin merusak hati dan bisa menjadi kanker. Penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala yang jelas, sehingga banyak orang yang tidak menyadari jika dalam tubuhnya sudah terjangkit virus hepatitis dan terlanjur hati sudah menjadi rusak. Segera lakukan vaksinasi supaya seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A dan hepatitis B, namun untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi. Meskipun seseorang belum terindikasi virus ini, akan tetapi pemberian vaksin bisa mencegah virus ini merusak hati sebab gejala hepatitis akan muncul dalam puluhan tahun kemudian. Pemberian vaksin ini khususnya diberikan pada anak –anak karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Namun jika hati sudah rusak, solusinya ialah dengan melakukan pencangkokkan, namun cara ini sulit sebab untuk mencari donor hati juga lebih sulit dna sedikit dibandingkan orang yang antri menunggu pencangkokan hati.
Demikian uraian tentang penyebab penyakit hepatitis dan cara penanggulangannya. Semoga bermanfaat, baca juga “gejala penyakit tipes pada anak” dan “penyebab penyakit malaria beserta gejala dan cara mencegahnya”.

0 Response to "Penyebab penyakit hepatitis beserta cara penanggulangannya"

Posting Komentar