Penyebab gatal pada selangkangan beserta cara mengatasi dan mencegahnya

Penyebab gatal pada selangkangan beserta cara mengatasi dan mencegahnya. Gatal yang terjadi pada selangkangan bisa disebabkan karena beberapa hal. Kuman dan jamur adalah penyebab utama munculnya gatal-gatal pada tubuh, termasuk pula pada selakangan kaki. Jamur atau kuman sangat sering berada atau menempati bagian-bagian tubuh, seperti lipatan, jari-jari tangan dan lain sebagainya.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/06/penyebab-gatal-pada-selangkangan.html

Penyebab gatal-gatal pada selangkangan
Banyak faktor penyebab timbulnya gatal-gatal di selangkangan atau lipatan paha pada bagian dalam. Selain akibat adanya jamur, gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan karena alergi terhadap makanan, misalnya alergi terhadap udang, ikan, telur, atau sebagainya.
Tak terlepas dari beberapa penyebab diatas sebelumnya, gatal-gatal pada selangkangan juga bisa dipicu akibat kurangnya menjaga kebersihan tubuh, pakaian yang kotor, basah, atau lembab, sehingga bakteri jamur akan sangat mudah berkembang. Selain itu daya tahan tubuh yang lemah mungkin juga berpengaruh dalam gatal-gatal di tubuh, karena beberapa jenis penyakit gatal akan mudah sekali menyerang.
Cara mengatasi dan mencegah gatal pada selangkangan
Apabila sudah terlanjur terserang penyakit gatal-gatal ini, maka diperlukan penanganan khusus untuk menyembuhkannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mencegah gatal-gatal pada selangkangan ini:
  • Untuk mengatasi jamur penyebab gatal pada selangkangan, selain menggunakan obat-obat berbahan kimia, cobalah untuk menggunakan obat tradisional seperti asam kendis dan asam gelugur. 
  • Gunakanlah celana yang longgar. Penggunaan celana yang ketat dapat memperparah gatal karena kulit pada lipatan paha akan terasa panas dan mengeluarkan keringat lebih banyak, sehingga akan menjadi lembab yang dapat memicu berkembangnya jamur.
  • Cara lainnya untuk mengatasi jamur pada lipatan paha adalah dengan menggunakan daun sirih. Gosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal. Anda juga bisa membuat ekstrak daun sirih untuk digunakan sebagai air untuk membilas kulit pada lipatan paha anda.
  • Jagalah kebersihan dengan mandi minimal 2 kali sehari. Gunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan atau mengatasi pertumbuhan bakteri jamur pada selangkangan.
  • Selama proses penyembuhan, gunakanlah celana dalam dari bahan yang mudah untuk menyerap keringat pada kulit agar pangkal paha tidak lembab.
  • Gunakanlah pakaian yang selalu bersih, apabila anda telah menjalankan aktivitas yang mengeluarkan keringat banyak selalu gantilah pakaian anda, baik pakaian dalam atau pakaian dalam.
  • Selalu jaga kebersihan dan kesehatan kulit, terutama pada lipatan paha (selangkangan).
  • Jagalah asupan nutrisi tubuh anda untuk menjaga sistem imun tubuh, sehingga beberapa jenis penyakit penyebab gatal tidak dapat menyerang.
  • Selalu hindari makanan atau minuman yang membuat anda alergi, sehingga gatal-gatal pada bagian lipatan paha atau bagian tubuh lainnya tidak muncul.
Itulah beberapa penyebab gatal pada selangkangan beserta cara mengatasi dan mencegahnya. Semoga bermanfaat, baca juga “penyebab kulit gatal-gatal secara mendadak” dan "cara alami menghilangkan batuk" .

Sumber: gejala dan penyebab penyakit

0 Response to "Penyebab gatal pada selangkangan beserta cara mengatasi dan mencegahnya"

Posting Komentar