Pengertian sembelit, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya secara efektif dan aman

Pengertian sembelit, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya secara efektif dan aman. Istilah sembelit atau yang dalam dunia medis dikenal dengan konstipasi merupakan masalah pencernaan yang sudah sangat umum terjadi. Sembelit ini juga bisa diartikan sebagai masalah susah buang air besar (BAB) atau buang air besar yang tidak teratur. Selain itu orang yang menderita penyakit sembelit biasanya juga diikuti rasa sakit di perut dan pengen segera buang air besar, bahkan hingga lari-lari ke toilet. Namun ketika sudah sampai di toilet, buang air besar terasa sangat susah sekali, pupnya tidak mau keluar akibat fesesnya sudah keras, selain itu juga terasa sakit. Oleh karena itu tidak heran banyak sekali yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi penyakit sembelit ini, baik dengan mengkonsumsi obat sembelit yang dijual ataupun dengan pergi ke dokter. Dan apabila sembelit terjadi pada anak-anak, kebanyakan orang tua bingung kenapa anaknya menjadi rewel, suka menangis terutama ketika akan buang air besar, padahal anak tersebut sedang kesakitan karena susahnya BAB akibat penyakit sembelit.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/08/pengertian-sembelit-penyebab-gejala.html

Sebelum kita jelaskan lebih jauh bagaimana cara mengatasi penyakit sembelit secara efektif dan aman, sebaiknya kita ketahui atau pelajari terlebih dulu tentang apa itu penyakit sembelit, apa saja penyebabnya dan apa saja gejala atau tanda-tanda sembelit itu. akan lebih baik bila kita mulai dari definisi sembelit itu sendiri.

Pengertian penyakit sembelit
Sembelit (konstipasi) adalah suatu kondisi dimana buang air besar menjadi lebih jarang dari biasanya karena tinja atau feses yang kering dan keras sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan serta akan menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. Seseorang dikatakan menderita sembelit (konstipasi) apabila tidak buang air besar (defekasi) selama 3 hari berturut-turut atau kurang dari 3 kali dalam seminggu, bagi orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak disebut konstipasi apabila tidak buang air besar selama 5 hari atau lebih.
Penyakit sembelit umumnya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki, terutama pada wanita hamil sering kali dijumpai terkena masalah sembelit. Selain itu usia juga mempengaruhi, terutama wanita dengan usia lanjut juga lebih rentan terkena sembelit.

Kenapa bisa terjadi sembelit? Berikut ini beberapa penyebabnya.
Penyebab penyakit sembelit
Sembelit atau konstipasi bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab berikut ini:
  • Stres dan emosi yang tidak stabil 
  • Efek samping obat-obatan
  • Kelainan pada sistem anatomi pencernaan, hormon, dan usus besar yang kurang elastis
  • Diet dan kurang olahraga
  • Kekurangan serat dan vitamin C
  • Menahan atau menunda buang air besar dalam waktu yang lama
  • Ketidakseimbangan elektrolit dan kelebihan serat
  • Penyumbatan oleh penyakit
  • Kehamilan 
  • Penyalahgunaan obat-obatan
Penyebab sembelit lainnya bisa berupa kelainan atau penyakit, antara lain:
  • Penyumbatan pada usus besar atau rektum 
  • Kanker rektum
  • Kanker usus besar
  • Fisura ani
  • Obstruksi usus
  • Penyempitan usus besar (striktura)
  • Rektokel
  • Kanker perut lainnya yang menekan usus besar
  • Masalah pada saraf di sekitar rektum dan usus besar
  • Penyakit parkinson
  • Cedera tulang belakang
  • Neuropati otonom
  • Multiple sclerosis
Penyakit yang mempengaruhi hormon dalam tubuh
  • Kencing manis atau diabetes 
  • Tiroid kurang aktif (hypothyroidism)
  • Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme)
Gejala penyakit sembelit
Selain susah buang air besar, gejala atau tanda-tanda seseorang terkena sembelit terutama pada orang dewasa adalah sakit perut, sebah, perut kembung, merasa ada sesuatu yang menyumbat, rasa sakit saat bab atau buang air besar berdarah. Sedangkan sembelit pada bayi atau anak-anak ditandai dengan tangisan saat bab karena menahan rasa sakit, menarik kaki ke arah perut, atau hingga melengkungkan punggung ketika mau buang air besar.
Mengatasi penyakit sembelit dengan segera sangatlah penting, karena konstipasi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan parah akan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, diantaranya seperti:
  1. Wasir. Sembelit yang terjadi dalam waktu lama dan sering dapat menyebabkan pelebaran pembulu darah vena disekitar anus alias ambeien atau wasir. 
  2. Robeknya anus (Anal Fissure). Feses yang kering keras serta besar dapat berpotensi melukai atau hingga merobek anus sehingga berdarah.
  3. Fecal Impaction. Sembelit kronis menyebabkan pengumpulan feses yang sangat keras sehingga terjebak pada usus besar dan tidak dapat dikeluarkan melalui proses defekasi biasa.
  4. Rektum Prolaps. Feses keras saat sembelit juga bisa menyebabkan rektum atau bagian yang lebih dalam dari anus menonjol keluar.
Cara mengatasi penyakit sembelit
Ada banyak cara untuk mengatasi penyebab penyakit sembelit, tergantung dari penyebab sembelit itu sendiri, mulai dari mengubah gaya hidup atau dengan mengkonsumsi obat-obatan pencahar atau pencuci perut.
  • Perubahan gaya hidup
Perubahan gaya hidup yang lebih sehat, selain bisa mengatasi sembelit juga dapat mencegah penyakit sembelit tersebut datang kembali. Inilah hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi sembelit:
  • Olahraga rutin setiap hari. Kekuatan  otot usus dan pergerakannya akan meningkat dengan latihan ataupun aktivitas fisik. Dengan kata lain olah raga sangat berperan dalam memperlancar sistem pencernaan, dan membantu mengatasi sembelit.
  • Meningkatkan asupan serat bagi tubuh. Tubuh yang mengkonsumsi makanan dengan cukup serat akan membuat feses menjadi lebih lunak serta licin sehingga mudah saat melalui usus. Jadi konsumsilah makanan yang banyak serat seperti buah-buahan atau sayur-sayuran segar setiap hari terutama buah pepaya. Namun jangan berlebihan atau langsung mengkonsumsinya dalam jumlah banyak karena bisa membuat anda malah kembung. Mulailah secara bertahap sehingga membuat anda lebih merasa nyaman.
  • Jangan menunda buang air besar (BAB). Saat tubuh anda sudah ingin BAB, sebaiknya anda turuti saja, jangan menahannya.  Karena menunda-nunda buang hajat dalam waktu lama akan membuat feses tertahan dan mengeras sehingga pada akhirnya akan sulit untuk dikeluarkan.
Obat penyakit sembelit
Berikut ini beberapa obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sembelit, antara lain:
  • Agen pembentuk serat. Adalah obat suplemen penambah serat pada feses contohnya seperti metilselulosa, psyllium, guar gum, dan kalsium polycarbophil. 
  • Agen prokinetik. Merupakan obat sembelit yang bisa meningkatkan kekuatan pergerakan usus, misalnya seperti misoprostol, tegaserod, dan colchicine. 
  • Agen hiperosmolar (osmotik). Merupakan obat sembelit yang berfungsi untuk membantu agar cairan pada rongga usus bisa tercukupi. Contohnya seperti, magnesium sitrat, susu magnesium, laktulosa, dan polietilen glikol.
  • Stimulan. Obat sembelit yang berfungsi untuk meningkatkan pergerakan usus atau yang juga dikenal dengan istilah obat pencehar. Misalnya seperti, bisacodyl (contoh: dulcolax), senna, serta minyak jarak. Namun obat sembelit ini tidak cocok digunakan dalam jangka panjang.
  • Emolien. Merupakan obat sembelit yang berfungsi untuk melunakkan tinja. Namun obat ini kurang efektif bila dibandingkan dengan obat-obat sembelit lainnya. Contohnya minyak mineral, atau emolien docusate.
Obat-obat sembelit diatas bisa juga digunakan untuk anak-anak, namun penggunaannya harus sesuai dengan dosis. Selain itu laksatif stimulan dan enema tidak boleh digunakan untuk mengatasi sembelit pada bayi. Meskipun biasanya bisa ditoleransi dengan baik, akan tetapi obat pencahar tetap saja berpotensi menimbulkan mual, perut kembung, kram, anoreksia, serta malabsorpsi.
Khususnya bila sembelit tersebut terjadi pada anak-anak atau bayi, maka sangat dianjurkan agar segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.
Demikianlah pengertian sembelit, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya secara efektif dan aman. Semoga bisa bermanfaat, baca juga “komplikasi penyakit DBD” dan “penyebab serta gejala penyakit alzheimer”.

5 Responses to "Pengertian sembelit, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya secara efektif dan aman"

  1. Masalah sembelit juga dapat diatasi menggunakan arabic gum.
    http://ummahsunnah.blogspot.my/2015/12/arabic-gum-borong.html
    beli borong di sini

    BalasHapus
  2. Sembelit buat hari-hari kita tak keruan...

    http://www.mamafn.com/2017/02/shaklee-alor-gajah-ostematrix-bantu-atasi-sembelit.html

    BalasHapus
  3. Di faraj alias alat kelamin kamu ada kutil? kamu mesti tahu Penyebab Kutil guna pukas Alias memek dikarenakan faktor ini mesti diwaspadai.

    Apa sih semestinya kutil kelamin itu?? Kutil kelamin ialah ihwal merambat seksual yg disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutil kelamin bersituasi datar atau menonjol dgn anak cabang (pedunkulata) seperti bunga kol, rata-rata berkembang terhadap sarana kelamin dan negeri seputar dubur. mutu lain semenjak masalah ini ialah Kondiloma, kondiloma akuminata, jengger ayam. Kutil rata-rata tak menyakitkan, sebaliknya bisa menghadirkan gatal-gatal.

    dulu dengan cara apa tampilan kutil kelamin?? penampakan kutil bervariasi, permulaan memang datar hingga brutal seperti bunga kol. Kutil sanggup demikian datar maka tak nampak dgn salah lihat telanjang, malahan sanggup menyusun nyeri dan gatal. Mereka mampu unjuk dengan cara sendiri-sendiri atau berkelompok. untuk cowok, kutil kelamin kebanyakan unjuk di penis atau di lembah kulup. Kutil kelamin tambah bisa unjuk di pada saluran kemih, biasanya
    cuma kepada meatus saluran kencing awal( saluran kencing di sirah penis). untuk perempuan, kutil kelamin kelihatan terhadap farji, labia atau saluran kemih. apik terhadap cowok ataupun perempuan, kutil mampu unjuk buat rektum dan tanah sekitarnya. Kutil kelamin ditularkan terpenting lewat jalinan seksual. pada pertanyaan yg langka, penularan mampu berjalan dengan cara tak cepat sesudah memanfaatkan handuk yg terkontaminasi. bocah tambah bisa terinfeksi

    sewaktu kiat kelahiran.

    meski tak terlampaui membahayakan kutil kelamin mesti serentak ditangani lho. pengidap Kutil Kelamin yg sudah terinveksi disarankan kepada serta-merta lakukan pengobatan secepat gaya-gayanya sebelum Virus HPV penyebab kutil kelamin semakin tidak sedikit tumbuh( tumbuh) di dekat sel pembawaan, semakin uzur dibiarkan bakal memperparah keadaan peranggu vital dikarenakan kutil kelamin bakal tengah mengembang maka tampak seperti jengger ayam, kepada pesakit yg baru tertular sinting permulaan tunggal bln kebanyakan bakal lebih segera ditanggulangi. memusnahkan Virus HPV tak serupa dgn pengobatan reguler. resep yg di melaksanakan oleh rata-rata wong bagi memberantas kutil kelamin yaitu bersama rumus pembedahah atau pemotongan, formula ini pasti mengutamakan kapital yg tak singkat.

    Bila pertanyaan masih belum terpecahkan silahkan menghubungi dokter spesialis Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

    Atasi kulup panjang dengan cepat | obat ampuh kulup panjang

    Ejakulasi dini dan pengobatannya | Klinik apollo sunat murah

    Dokter spesialis | Free Chat

    BalasHapus
  4. Saya selalu susah membuang air besar, kadang2 sampai 4 5 hari. Saya rasa ada bengkak pada lubang anus. Macam mana cara utk selesaikan masalah saya? mohon pencerahan doktor

    BalasHapus
  5. Ejakulasi dini merupakan kesukaran seksual buat cowok yg ditandai bersama ketidakmampuan bersi teguh kedaluwarsa diwaktu bersambung intim. Ejakulasi yg terlampaui serta-merta nyaris tentu senantiasa menciptakan pasangan kecewa. kalau tak diatasi ganjalan ini mampu menghalangi keharmonisan hunian tangga.

    Kali ini kita bakal mengulas sekian banyak rahasia mengalahkan ejakulasi dini yg semesta dilakukan wong, alamat pemakaian remedi, gel, krim hingga dgn latihan-latihan pernafasan perut.

    hingga diwaktu ini tak ada remedi instan yg dapat mengobati ejakulasi dini. justru penyebab terjadinya ejakulasi dini serta belum didapati dengan cara tentu. beraneka ragam resep dan obat-obatan dibuat dan disebut-sebut dapat mengobati dan melebihi ejakulasi dini tapi terus tidak sedikit cowok yg kecewa.

    mengungguli Ejakulasi Dini bersama Cepat

    perihal ini yg menerbitkan ejakulasi dini jadi salah tunggal momok yg ditakuti seputar laki-laki, mampu dimaklumi dikarenakan factor ini tentang kesulitan keperkasaan dihadapan perempuan. sekian banyak jalma laki-laki lebih pilih kehilangan tugas daripada kehilangan kemampuan membebaskan pasangan.

    Peringatan : Sekali lagi apabila anda merasa artikel ana belum terang atau ada hal lain, sehingga kamu dapat klik Chat Online, di mana profesional saya dapat menjawab keluhan kamu, atau hubungi nomer (021)-62303060. Klinik Apollo Jakarta mengharapkan mudah-mudahan kamu selalu sembuh.

    Klinik Apollo Andrologi | Pengobatan kulup panjang

    Metode sunat klinik apollo | Sunat modern biaya terjangkau

    Dokter spesialis | Free Chat

    BalasHapus