Penyebab rambut berkutu dan cara efektif untuk mencegah dan menghilangkannya



Penyebab rambut berkutu dan cara efektif untuk mencegah dan menghilangkannya. Kutu rambut adalah hewan berukuran kecil atau sejenis parasit yang biasanya hidup di bagian kepala. Keberadaan kutu rambut / kutu kepala ini sebenarnya tidak menimbulkan masalah yang serius, namun rasa gatal yang ditimbulkan akibat keberadaan kutu rambut tersebut akan sangat menggangu semua kegiatan atau aktivitas kita. Kemunculan kutu rambut pada bagian kulit kepala kita ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti karena kurangnya menjaga/ merawat kebersihan rambut sehingga rambut menjadi berketombe dan kutu akan sangat mudah tumbuh dan berkembang biak. mungkin inilah salah satu sebab mengapa kutu rambut seringkali tumbuh dan menyerang pada kulit kepala anak-anak, itu disebabkan karena anak-anak belum bisa merawat dan menjaga kebersihan tubuhnya. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh anaknya, sehingga bisa terbebas dari yang namanya kutu rambut.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/penyebab-rambut-berkutu.html


Pada umumnya kutu pada manusia berukuran kecil sekitar 1-4 mm dengan kaki panjang dan warna coklat atau hitam pada tubuhnya. Selain itu tidak semua kutu dapat dilihat dengan mata telanjang, ada beberapa jenis kutu yang memerlukan mikroskop untuk melihatnya. Perkembangan kutu rambut bisa dibilang sangat cepat, seekor kutu betina mampu bertelur hingga 6 butir telur sehari. Dan telur tersebut akan sangat sulit untuk dibersihkan karena telur tersebut melekat sangat erat di rambut. Telur-telur kutu tersebut akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/penyebab-rambut-berkutu.html
Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab munculnya kutu rambut:
  • Kurangnya menjaga kebersihan rambut bisa menjadi faktor utama penyebab tumbuhnya kutu pada rambut. Kotoran pada kulit kepala dapat mengundang kutu untuk hidup dan berkembang biak di rambut. Oleh karena itu kita harus selalu merawat rambut agar rambut kita bisa selalu bersih dan sehat. Tidak hanya rambut, kita juga harus selalu menjaga kebersihan seluruh badan kita dari polusi, debu, dan keringat. Ketika mencuci rambut pun juga harus bersih, jangan sampai ada sisa shampoo pada rambut, karena hal itu juga bisa menjadi penyebab munculnya kutu rambut.
  • Kurangnya menjaga kebersihan tempat tidur. Tempat tidur yang kotor dan lembab bisa menjadi penyebab datangnya kutu. Oleh karena itu selalu jaga kebersihan tempat tidur seperti sprei, sarung bantal, guling, kasur, karpet dan lain sebagainya, sehingga bakteri-bakteri ataupun kutu tidak menempel disana. Selain itu bersihkan juga sisir rambut secara berkala dengan menggunakan air panas.
  • Salah dalam memilih shampoo. Kesalahan dalam memilih shampoo dapat berakibat rambut menjadi ketombean. Munculnya ketombe ini bisa menjadi faktor penyebab munculnya kutu pada rambut. karena itu perhatikan kegunaan shampoo agar kebersihan dan kesehatan rambut kita menjadi lebih terjaga.
  • Tertular dari orang lain. Kutu rambut dapat menular dengan berpindah dari rambut seseorang ke rambut orang lainnya. Dan saat kutu rambut tersebut berpindah, kutu tersebut akan membuat sarang baru untuk tumbuh dan berkembang biak. oleh karena itu jangan menggunakan alat-alat perawatan tubuh seperti pakaian, topi, sisir, atau kerudung secara bergantian, khususnya sama orang yang rambutnya kutuan.
Ciri-ciri rambut kutuan (terserang kutu rambut):
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/penyebab-rambut-berkutu.html
  • Sering merasakan gatal pada rambut/ kulit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat pada air liur kutu kepala.
  • Tanda-tanda merah pada permukaan kulit kepala, kulit belakang telinga dan leher.
  • Terdapat telur-telur kutu rambut dengan ukuran kecil dan berwarna putih yang menempel sangat kuat di rambut. Telur-telur kutu ini sekilas akan terlihat seperti ketombe, namun sangat sulit untuk dikeluarkan.
Cara mencegah agar rambut tidak berkutu (terhindar dari kutu rambut)
Agar rambut kita bisa terhindar dari kutu rambut, maka hal-hal paling efektif yang bisa kita lakukan adalah menghindari berbagai faktor penyebab munculnya kutu rambut. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan rambut dari kutu:
  • Biasakan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan tubuh
  • Biasakan juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekitar yang sering menjadi tempat beraktivitas atau istirahat. Seperti tempat tidur, tempat mandi, kasur, kursi, karpet dan lain sebagainya
  • Pilihlah shampoo yang baik dan cocok dengan rambut anda. karena kesalahan dalam memilih shampoo dapat membuat rambut berketombe yang bisa menjadi asal-usul munculnya kutu rambut.
  • Jangan menggunakan alat-alat perawatan atau pelindung seperti sisir, topi, jilbab, handuk, bantal, dll secara bergantian dengan orang lain yang rambutnya ditumbuhi kutu. Karena kutu dapat berpindah tempat atau menular dengan mudah.
Cara menghilangkan kutu rambut yang efektif
Bila anda adalah salah satu orang yang rambutnya terserang kutu rambut. Kutu rambut tersebut tidak akan hilang sendiri dengan mudah. Untuk itu perlu penanganan atau tindakan untuk menghilangkannya. Bagaimanakah cara menghilangkan kutu rambut? Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara efektif:
  1. Gunakan shampoo khusus pembasmi kutu rambut yang aman untuk kesehatan rambut dan kulit
  2. Gunakan cara-cara alami untuk menghilangkan kutu rambut, dengan menggunakan obat tradisional, seperti mayones, cuka putih, minyak pohon teh, dan lain sebagainya
  3. Gunakan sisir serit (sisir yang bergigi halus) untuk menarik kutu keluar dari rambut kepala. Menyisir rambut dengan sisir halus ini akan efektif menghilangkan kutu rambut bila dilakukan setiap hari dan tentunya juga harus dilakukan berbarengan dengan cara-cara yang lain.
  4. Gunakan alat vakum untuk membersihkan karpet, sofa, jok mobil dan lain sebagainya untuk mengambil ataupun menarik kutu dari rambut.
  5. Gunakan obat yang aman untuk membunuh kutu dan telurnya
  6. Bila masalah kutu rambut tersebut sudah parah. Mungkin cara yang paling efektif dan cepat adalah dengan menggunduli atau memangkas rambut hingga plontos. Cara seperti ini mungkin cocok bila yang memiliki masalah adalah anak laki-laki, namun bila yang memiliki masalah kutu rambut adalah anak perempuan, maka lebih baik menggunakan cara lain, karena tidak baik atau tidak pantas anak perempuan mempunyai kepala gundul plontos.
Itulah beberapa faktor penyebab munculnya kutu rambut, beserta cara mencegah dan cara menghilangkannya.  Semoga bisa bermanfaat, baca juga “penyebab penyakit herpes” dan “penyebab penyakit malaria, gejala, cara mencegah dan mengobatinya”.

0 Response to "Penyebab rambut berkutu dan cara efektif untuk mencegah dan menghilangkannya"

Posting Komentar