Penyebab Radang Amandel Pada Anak, Ciri-Ciri, Dan Pantangan Bagi Penderitanya

Penyebab Radang Amandel Pada Anak, Ciri-Ciri, Dan Pantangan Bagi Penderitanya. Penyakit radang amandel pada anak di sebabkan karena adanya kerusakan pada permukaan selaput lendir yang semakin parah hingga menyebabkan peradangan pad amandel. Radang amandel sering terjadi pada anak-anak usia 6 sampai 15 tahun. Pada usia tersebut anak lebih cenderung suka jajan sembarangan di sekolah, mereka tidak memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang mereka beli. Oleh karena itu, para orang tua harus lebih sering memperhatikan anak-anaknya yang masih di bawah umur.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/penyebab-radang-amandel-pada-anak.html

Agar anda lebih memahami apa itu radang amandel? Simak ulasan singkat mengenai penyebab radang amandel pada anak, ciri-ciri dan pantangan bagi penderitanya. Mengetahui radang amandel pada anak sangat penting, dengan begitu Ibu bisa mencegah agar anak tidak sembarangan jajan.

Radang Amandel Pada Anak

Sebenarnya, radang amandel pada anak tidak jauh berbeda dengan yang di alami oleh orang dewasa. Radang amandel ialah gangguan pada selaput amandel yang disebabkan karena infeksi virus atau bakteri di mana amandel seseorang akan mengalami pembengkakan dan timbul rasa sakit. Radang amandel pada anak bisa kronis maupun akut tergantung dari berapa lama dan seberapa parah radang amandel yang di alami anak.

Ciri-Ciri Radang Amandel Pada Anak
Ciri-Ciri radang amandel sama saja seperti gejala atau tanda-tanda yang muncul ketika seorang anak mengalami peradangan. Berikut beberapa ciri-ciri radang amandel pada anak:

1. Mengalami bau mulut
2. Perut menjadi sakit
3. Telinga terasa sakit dan panas
4. Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah rahang mulut
5. Kehilangan nafsu makan akibat tenggrokan sakit saat menelan
6. Warna Amandel menjadi pucat
7. Suhu tubuh menjadi tinggi, namun anak akan merasakan panas dingin.
 
Penyebab Amandel Pada Anak
Beberapa kasus radang amandel yang terjadi pada anak menunjukan bahwa amandel pada anak di picu akibat kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti jajan sembarangan dan tidak makan makanan yang memenuhi gizi. Berikut beberapa penyebabnya:
  1. Sering mengkonsumsi jajanan yang mengandung pemanis, pengawet dan pewarna makanan
  2.  Selalu makan tanpa mencuci tangan
  3. Susah makan makanan sehat
  4. Kebutuhan vitamin C anak tidak terpenuhi.

Apa Pantangan Bagi Anak Penderita Radang Amandel

1. Makanan Asam
Anak penderita amandel harus menghindari makanan asam seperti jeruk, cuka, permen karet, dll. Makanan asam akan menyebabkan gatal pada saar radang amande.
 
2. Makanan Pedas
penderita juga belum boleh makan makanan yang mengadnung bumbu-bumbu pedas selama masa penyembuhan.
 
3. Minuman Dingin dan Bersoda
Ibu harus memperhatikan anak yang sedang menderita radang amandel agar mereka tidak mencuri-curi mengkonsumsi minuman soda dan dingin.
 
4. Makanan yang mengandung pemanis, penyedap, pengawaet dan pewarna harus di hindari selama masa radang dan seterusnya agar radang amandel tidak kambuh lagi.

Tentu dengan mengetahui apa itu radang amandel, penyebabnya, ciri-ciri dan pantangannya pada anak-anak, maka ibu akan selalu siap siaga terhadapat penyakit radang amandel pada anak. Baca juga "pengertian penyakit radang amandel beserta cara mengobatinya" dan "penyebab mata timbilen dan cara menyembuhkannya".

0 Response to "Penyebab Radang Amandel Pada Anak, Ciri-Ciri, Dan Pantangan Bagi Penderitanya"

Posting Komentar