Apa Itu Penyakit Radang Amandel Dan Cara Mengobatinya

Apa Itu Penyakit Radang Amandel Dan Cara Mengobatinya. Apa itu penyakit radang amandel? Bagaimana cara mengobatinya? Mari simak penjelasan mengenai apa itu penyakit radang amandel dan cara mengobatinya, karena sangat penting mengetahui sebab-sebab dari penyakit yang sering dialami anak-anak dan orang dewasa ini. Dalam Bahasa inggris amandel disebut tonsill sedangkan penyakit radang amandel dalam bahasa Inggris disebut tonsillitis. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/apa-itu-penyakit-radang-amandel.html

Amandel adalah benjolan berupa daging yang dapat menutup dan terbuka. Pada keadaan normal, amandel tidak berbahaya. Namun apabila terjadi peradangan akan menyebabkan amandel membengkak dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Menurut tingkat bahayanya, radang amandel dibedakan menjadi dua yaitu; absolut yang harus di bedah dan relatif yang disarankan untuk dibedah.

Penyebab Radang Amandel
Sebagian besar penyebab radang amandel adalah infeksi oleh bakteri dan virus  seperti Espetein-Bar dan virus Coxsackie. Selain itu ada beberapa faktor lain yang berhubungan dengan nutrisi dan cara hidup seseorang di antaranya:
1. Kurang memperhatikan kebersihan saat makan
2. Terlalu sering makan pedas, makanan berminyak dan terlalu asam
3. Kurang mengkonsumsi air putih
4. Kekurangan vitamin C
5. Faktor makanan seperti makanan yang mengandung banyak pengawet, gula sintesis serta pewarna kimia.

Gejala Radang Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa 
  • Terjadi pembengkakan amandel Merah atau bengkak amandel 
  • Terjadi perubahan warna pada mandel, menjadi putih kekuningan
  • Tender, kaku atau leher bengkak
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan makanan
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Sakit mata
  • Tubuh sakit
  • Otalgia
  • Demam
  • Panas dingin
  • Hidung mampet
Cara Mengobati Amandel Dengan Obat Alami
Untuk mengobati radang amandel dapat memanfaatkan beberapa obat alami yang dapat ditemukan di sekitar anda. Cara mengolahnya cukup mudah, cepat dan hasilnya sangat efektif untuk meredakan sakit dan menyembuhkan amandel itu sendiri. Berikut beberapa obat sebagai cara untuk menyembuhkan amandel:
1. Ramuan Mengkudu
siapkan 3 buah mengkudu yang sduah matang. Hancurkan atau parut kemudian peras airnya.campurkan air mengkudu dengan perasan jeruk nipis. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat kumur. Berkumurlah 2 kali dalam sehari menggunakan air ini selama 3 hari berturut-turut sebelum amandel membengkak.
 
2. Perasan Jeruk Nipis
seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa penyebab radang amandel bisa saja akibat kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, anda bisa menyembuhkannya dengan jeruk nipis karena sangat kaya vitamin C. Caranya mudah, ambil 3 buah jeruk nipis yang sudah matang kemudian peras. Saring airnya dan tambahkan madu. Konsumsi air jeruk nipis ini 2 kali dalam sehari selama beberapa hari berturut-turut sampai amandel mengempis.
 
3. Ekstrak Daun Waru
Ambil beberapa helai daun maru yang segar. Bersihkan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya berubah menjadi merah bata pekat, sisahkan hingga satu gelas.ekstrak waru ini dapat di pakai sebagai obat kumur setiap hari dan dapat dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

Cukup jelas mengenai pengertian radang tenggorokan dan cara mengobatinya bukan? Dengan begitu tentu anda akan mudah mengatasi radang tenggorokan yang terjadi pada anda, anak anda atau keluarga anda yang lain. Cara ini akan menggantikan operasi atau pembedahan yang mungkin sedikit menyakitkan. Baca juga "penyebab anak terkena radang amandel" dan "gejala, penyebab beserta cara mengatasi radang tenggorokan".

0 Response to "Apa Itu Penyakit Radang Amandel Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar