Cara mencegah dan mengobati penyakit alergi secara alami

Cara mencegah dan mengobati penyakit alergi secara alami. Alergi merupakan kondisi dimana sistem kekebalan tubuh (sistem imun) mempunyai rangsangan yang terlalu sensitive terhadap alergen (zat pemicu alergi). 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/cara-mengobati-alergi.html
Alergen umumnya tidak berbahaya bagi tubuh, namun karena sistem imun penderita alergi tersebut abnormal (terlalu sensitive) maka sistem imun tesebut langsung merespon dan menganggap zat alergen tersebut berbahaya sehingga terjadilah reaksi alergi. Reaksi alergi tentunya memunculkan gejala yang berbeda-beda tergantung bagian mana yang terserang alergi, misalnya alergi tersebut menyerang kulit, maka gejalanya akan berupa bentol-bentol, gatal-gatal, ruam, dan sebagainya. Sedangkan bila alergi tersebut menyerang saluran pernafasan (paru-paru), maka gejala yang terjadi akan berupa batuk-batuk, bersin, sesak nafas, dan lain sebagainya. Sedangkan bila menyerang saluran pencernaan, maka gejala yang muncul pun juga akan berbeda, seperti sakit perut, kembung, muntah-muntah, diare, dll. Jadi reaksi alergi akan menimbulkan gejala-gejala yang berbeda-beda tergantung organ atau bagian mana yang terkena alergi. Perlu juga untuk anda ketahui bahwa alergi tidak hanya menyerang bagian kulit, dan saluran pernafasan (paru-paru), alergi juga bisa menyerang semua bagian organ dari tubuh termasuk juga otak. Alergi dapat terjadi pada semua usia baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Baca juga “kenali bahaya alergi yang sering terjadi pada anak balita”.
 
Cara alami mencegah terjadinya alergi:
  • Hindari yang menjadi pemicu kambuhnya alergi anda (alergen)
Untuk mencegah terjadinya alergi, anda harus tahu terlebih dulu apa yang menjadi penyebab atau pemicu terjadinya alergi (alergen). Alergen dari setiap penderita alergi berbeda-beda, ada yang alergi karena debu, serbuk sari bunga, asap, bulu hewan dan lain sebagainya. Oleh karena itu anda harus berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui apa yang menjadi pemicu terjadinya alergi pada diri anda. Baca juga “kenali beberapa faktor penyebab seseorang terserang alergi (alergen)”.
  • Selalu jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta diri anda
Selalu jaga kebersihan tubuh serta lingkungan di tempat tinggal anda. Kotornya lingkungan khususnya dalam ruang-ruang rumah dapat menjadi penyebab atau pemicu timbulnya alergi. Oleh karena itu selalu jaga kebersihannya dari debu, kutu/ tungau, bulu-bulu hewan, dan lain sebagainya. Selain itu perhatikan pula aliran udara di rumah anda, sistem aliran udara ruangan yang baik serta terjaga dapat mencegah timbulnya pemicu alergi.
  • Gunakan masker
Masker bisa mencegah alergen masuk ke dalam salurang pernafasan kita. Jadi dengan menggunakan masker ini anda bisa mencegah ataupun menghidari terjadinya pemicu alergi. Gunakan masker dalam aktivitas anda untuk mencegah terjadinya alergi, seperti saat berkebun, memotong, menyapu, bersih-bersih rumah, atau berkendaraan bila naik sepeda motor.
  • Gunakanlah pola makan yang sehat
Studi terhadap penyakit alergi telah menunjukkan bahwa pola makan yang sehat akan menurunkan resiko terkena penyakit alergi. Sebagai langkah awal, makanlah menu makanan beserta sayur-sayuran yang segar. Tambahkan pula buah-buahan yang segar seperti jeruk, apel, anggur, tomat, dan sebagainya. Dan bila anda alergi terhadap makanan, perhatikanlah makanan-makanan yang menjadi pemicu alergi anda, dan hindari makanan tersebut.
  • Tingkatkan asupan vitamin D pada tubuh anda
Studi telah menunjukkan, kurangnya tubuh memperoleh asupan vitamin D dapat memperburuk terjadinya gejala alergi. Bila anda adalah penderita alergi, cobalah untuk memperoleh asupan Vitamin D 200 IU dalam setiap harinya. Anda dapat meminum obat atau suplemen untuk menambah asupan vitamin D atau anda juga bisa mendapatkan vitamin D secara langsung dari sinar matahari pagi dengan berjalan-jalan ataupun berolahraga di pagi hari. 

Cara mengatasi atau mengobati penyakit alergi secara alami dengan menggunakan ramuan tradisional:
Untuk mencegah atau mengobati alergi kita bisa menggunakan bahan alami seperti jahe. Jahe merupakan antihistamin alami dan dekongestan yang dapat mengobati dan mencegah terjadinya alergi. Cara menggunakan jahe sebagai obat alergi: 15 gram jahe ditambah beras putih serta gula merah secukupnya. Kemudian rebus dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring untuk dan gunakan air rebusan jahe tersebut untuk minum. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal. 
Bila alergi terjadi pada hidung sehingga menimbulkan gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, dan bersin-bersin, maka ramuan tradisional berikut ini bisa anda gunakan:
  • Daun sambung nyawa 7 lembar ditambah 30 gram sambiloto segar. Kemudian direbus menggunakan air 500 cc hingga tersisa 200 cc air. Lalu saring dan minum ramuan tersebut saat masih hangat. 
  • Daun lidah buaya, kemudian kupas kulitnya. Lalu jus dengan menggunakan blender. Teteskan sebanyak 3 tetes ke dalam hidung dengan menggunakan pipet.
Cara mengobati alergi kulit yang menimbulkan gejala gatal-gatal, ruam, atau eksim: 
  • Daun sambiloto segar secukupnya ditambah kunyit segar dan belerang secukupnya. Kemudian semua bahan dihaluskan dan dicampur. Lalu gunakan sebagai obat alergi kulit dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang terserang alergi. 
  • Daun ketepeng cina yang masih segar, kemudian dihaluskan dan dioleskan ke bagian kulit yang terkena alergi.
Sedangkan untuk mengobati alergi pada saluran pernafasan yang mengakibatkan asma dapat menggunakan ramuan tradisonal berikut ini: 
  • Ambil bunga kenop 10 kuntum, dan ditambah dengan jahe 10-15 gram. Lalu rebus dengan menggunakan 500 cc air hingga tersisa setengahnya yaitu 250 cc air. Kemudian saring, dan minum hangat-hangat. 
  • Daun pegagan 30 gram ditambah bawang putih 10 gram. Lalu rebus dengan 500 cc air hingga hanya tersisa 250 cc air. Saring dan minum saat masih hangat.
Catatan: anda bisa menggunakan ramuan tradisional diatas dan melakukannya secara teratur agar hasilnya maksimal. Dan agar hasil ramuannya lebih manjur dan efektif dalam merebus sebaiknya gunakanlah panci enamel, periuk tanah, atau panci beling, jangan gunakan wadah dari logam seperti besi, alumunium, dan kuningan. Karena logam-logam tersebut mengandung zat iron trichoride dan potassiun ferrycianide yang dapat menimbulkan endapan pada air rebusan. Selain itu jangan terlalu sering membuka tutup pancinya agar minyak atsirinya itu tidak mudah menghilang.

1 Response to "Cara mencegah dan mengobati penyakit alergi secara alami"