Kenali beberapa faktor penyebab alergi (alergen) beserta gejalanya



Kenali beberapa faktor penyebab alergi (alergen). Alergi adalah adanya respon yang tidak normal dari sistem kekebalan tubuh seseorang. Kebanyakan orang yang mempunyai alergi memiliki sistem imunitas (kekebalan tubuh) yang sebenarnya bereaksi pada zat-zat yang biasanya tidak berbahaya di lingkungan, seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, dll yang disebut alergen. Setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, ada yang sangat sensitif terhadap alergen (faktor pemicu alergi) dan ada yang tidak. Sebenarnya faktor penyebab alergi ada dua, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Tubuh anda yang sensitif  atau mudah sekali alergi bisa saja itu merupakan turunan dari orang tua/ keluarga. Apabila orang tua anda adalah pengidap alergi, maka anda anda mempunyai resiko juga terserang alergi lebih dari 60 persen. Sedangkan bila orang tua anda tidak mengidap alergi, maka kemungkinan resiko anda mengidap alergi hanya 15 persen.
Faktor lain penyebab alergi adalah faktor lingkungan. Reaksi alergi kebanyakan akan terjadi apabila anda terkena suatu pemicu alergi (alergen). Pemicu alergi atau alergen dari setiap orang berbeda-beda. Berikut dibawah ini beberapa alergen yang paling sering dijumpai:
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/04/faktor-penyebab-alergi.html

1. Tungau atau kutu debu
Mikro organisme ini biasa hidup pada lingkungan rumah yang berdebu. Kutu debu rumah ini mempunyai potensi yang dapat memicu timbulnya alergi. Bahkan kutu debu ini dapat mempengaruhi atau memicu alergi pada 90% orang penderita alergi. Debu rumah biasanya terdiri dari campuran bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi, seperti serat-serat kain dari jenis-jenis yang berbeda, bakteri, kulit hewan yang mengelupas, spora jamur atau cendawan, partikel-partikel tanaman, kulit mati, partikel makanan, dan lain-lain. Tungau atau kutu debu ini biasa hidup di kasur, bantal, karpet dan lain sebagainya. Kotoran kutu debu tersebut dapat menjadi penyebab reaksi alergi pada kulit yang sangat sensitif (hipersensitif).

2. Serbuk sari bunga tanaman
Serbuk sari bunga bisa menjadi penyebab alergi. Serbuk sari ini bisa memicu terjadinya reaksi alergi pada 70% orang-orang yang menderita alergi. anda bisa menghindari penyebab alergi dari serbuk bunga ini dengan menggunakan masker bila anda akan berkebun atau memotong rumput.

3. Hewan/ binatang peliharaan
Penyebab terbesar ketiga yang menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi adalah hewan peliharaan. 40% anak yang menderita penyakit asma (sesak nafas) alergi terhadap protein yang keluar dari kelenjar minyak kulit hewan, ataupun protein pada air seni, air liur hewan, serta bulu hewan.

4. Jamur (fungi)
Jamur yang dimaksud disini adalah jamur yang mempunyai ukuran mikro denga spora yang bisa melayang-layang di udara seperti halnya serbuk sari. Jamur pemicu alergi ini lebih sering terdapat ketika musim gugur serta dapat mengakibatkan serangan asma yang parah.

5. Makanan
Ada pula orang yang alergi terhadap beberapa makanan. Beberapa makanan yang paling sering menjadi penyebab atau pemicu terjadinya reaksi alergi adalah susu, telur, ikan, cokelat, kacang, dan lain sebagainya. Selain itu pewarna serta pengawet pada makanan dapat juga  menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi.

6. Obat
Beberapa dari orang juga ada yang mengalami reaksi alergi akibat obat-obatan tertentu. Selain itu ada juga sejumlah bahan dari produk parfum serta kosmetik yang dapat memicu terjadinya alergi pada sebagian orang. Terapi yang terbaik untuk mengatasi alergi akibat obat adalah dengan menghindari meminum atau penggunaan dari obat-obatan tersebut.

Berbagai gejala umum yang timbul akibat reaksi alergi
Gejala ringan yang sering muncul akibat reaksi alergi yang terjadi adalah:

  • Gatal-gatal, mata berair 
  • Gatal, hidung beringus 
  • Bersin-bersin 
  • Ruam-ruam 
  • Merasa sakit atau lelah 
  • Hives (gatal-gatal dengan bercak merah)
Demikianlah artikel beberapa faktor penyebab atau pemicu alergi (alergen) beserta gejalanya. semoga bisa bermanfaat, baca juga "Kenali gejala dan bahaya alergi pada anak balita" dan "cara mencegah dan mengobati penyakit alergi".

sumber: gejala dan penyebab penyakit 

0 Response to "Kenali beberapa faktor penyebab alergi (alergen) beserta gejalanya"

Posting Komentar