Penyebab sakit kepala sebelah (migrain) dan cara mengobatinya

Penyebab sakit kepala sebelah (migrain) dan cara mengatasinya. Migrain adalah sakit kepala yang seringkali berhubungan dengan adanya gejala-gejala pada sistem syaraf otonom. Kata migrain berasal dari kata yunani hemikrania yang berarti rasa sakit pada salah satu sisi kepala. Sakit kepala sebenarnya memiliki beberapa macam jenis dan gejalanya, seperti sakit kepala sebelah (migrain), sakit kepala yang sering dialami oleh pria (cluster), sakit kepala yang membuat leher terasa berat dan tertekan, sakit kepala yang berputar-putar (vertigo) dan lain sebagainya. Selain gejala yang muncul atau dialami penderita berbeda-beda, langkah pengobatannya pun juga berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Jadi sebelum menentukan untuk meminum obat sakit kepala, pastikan dulu, sakit kepala jenis apakah yang sedang menyerang anda saat ini.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-sakit-migrain.html

Pada artikel kali ini, akan coba kami share mengenai apa saja yang menjadi penyebab seseorang terserang sakit kepala sebelah (migrain) beserta cara pengobatannya.
  • Menunda makan. orang yang sering menunda makan akan dengan mudah terserang sakit kepala. Hal ini disebabkan karena saat menunda makan, tingkat kadar gula seseorang akan menurun yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi gula juga dapat menjadi pemicu timbulnya serangan sakit kepala. Bagi anda yang sering sakit kepala, disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan zat besi. 
  • Salah urat di daerah leher dan sekitarnya.  Penyebab sakit kepala migrain jenis ini umumnya terjadi akibat melakukan aktivitas/ kegiatan yang berat namun tidak melakukan pemanasan terlebih dulu. Bila anda mengalaminya, maka disarankan untuk mengistirahatkan otot leher anda terlebih dulu dan diobati dengan cara diolesi balsem/ gel panas khusus otot sambil dipijat sedikit secara lembut. 
  • Zat tiramin merupakan salah satu yang menjadi pemicu serangan migrain. Zat tiramin merupakan zat yang terkandung pada makanan yang dalam pembuatannya membutuhkan proses yang cukup lama, contohnya keju, alkohol, dan sebagainya. Semakin lama proses pembuatannya, maka zat tiramin yang terkandung dalam makanan tersebut juga akan semakin banyak. Zat tiramin ini sangat banyak ditemukan pada minuman alkohol, selain bisa meningkatkan tekanan darah pada otak, meminum alkohol juga dapat membuat kepala anda menjadi pusing. Jadi hindarilah untuk mengkonsumsi makanan dengan tiramin tinggi, mengkonsumsinya boleh saja asal tidak terlalu berlebihan. 
  • Kurang tidur atau tidur terlalu lama juga menjadi pemicu sakit kepala sebelah (migrain). Jadi tidurlah secara teratur, tidur dengan waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya dapat mengurangi resiko terserang sakit kepala sebelah (migrain). 
  • Kurangnya cairan tubuh (Dehidrasi) merupakan salah satu penyebab migrain. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat berdampak pada kinerja sel ataupun organ dalam tubuh, sehingga akan memberikan efek seperti sakit kepala. Untuk menghindarinya, minumlah air yang cukup setiap harinya untuk mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi. 
  • Kafein juga merupakan pemicu munculnya serangan migrain. Bagi anda yang penikmat kopi, mulai hari ini jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Memang kopi dapat membantu dalam meningkatkan daya konsentrasi, namun jika berlebihan, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memicu timbulnya sakit kepala. 
  • Stress juga dapat menjadi pemicu sakit kepala. Kebanyakan seseorang akan mengalami sakit kepala saat mereka stress. Sakit kepala justru akan datang dimana ketika stress telah berakhir. Hal ini disebabkan karena hormon yang sebelumnya aktif melawan stress, saat stress yang tiba-tiba menurun membuat saluran darah berreaksi membesar yang kemudian memicu terjadinya sakit kepala. Selain itu stress juga dapat meningkatkan ketegangan pada  otot bagian kepala, bahu dan leher. Untuk menghindarinya, anda harus menemukan cara untuk dapat mengontrol stress, seperti melakukan teknik relaksasi pernafasan, peregangan otot dan lain sebagainya.
Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab sakit kepala dan cara mengobatinya yang bisa dijadikan solusi apabila anda sedang terserang migrain. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda, jangan lupa baca juga “penyebab tekanan darah tinggi” dan "penyebab penyakit gagal ginjal, gejala, dan pengobatannya".

0 Response to "Penyebab sakit kepala sebelah (migrain) dan cara mengobatinya"

Posting Komentar