Apa penyebab bau mulut tidak enak (Halitosis) dan cara menghilangkannya



Apa penyebab bau mulut tidak enak / tak sedap? Bau mulut (Halitosis) adalah permasalahan yang sebernarnya sudah sangat umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Aroma atau bau yang tidak enak yang keluar dari mulut saat bicara akan sangat mengganggu semua teman ataupun orang terdekat dari pengidap bau mulut. Selain dapat mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalami bau mulut tersebut, seperti kurang percaya diri, atau malu untuk berkomunikasi dan berdekatan dengan orang lain, bau mulut tersebut juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan mulut dan gigi anda. Dalam dunia medis, bau mulut lebih dikenal sebagai halitosis.
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/05/penyebab-bau-mulut.html

Kebanyakan orang yang memiliki bau mulut, jarang sekali menyadarinya, umumnya mereka baru sadar ketika ada seseorang teman, keluarga ataupun orang lain yang terganggu dan memberitahunya. Bagi anda sendiri tentunya sangat penting mengetahui apakah mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Saya yakin diantara kita pasti pernah memeriksa bau mulut kita dengan menghembuskan nafas ke tangan, lalu mencoba mencium bau nafas tersebut. Namun cara tersebut sangat kurang efektif untuk mengecek apakah mulut kita berbau. Sebaliknya, bila anda ingin mengetahui mulut anda berbau atau tidak, anda bisa melakukan cara ini, jilat punggung dari tangan anda, lalu biarkan air liur tersebut mengering, bila sudah mengering cobalah untuk menciumnya, dan itulah aroma nafas ataupun mulut anda.
Penyebab bau mulut
Jika anda memiliki nafas dengan bau tidak enak dan saat ini anda sedang mencari informasi bagaimana cara menghilangkan bau mulut. Sebelum itu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab bau mulut. Berikut ini beberapa hal ataupun penyebab munculnya bau tak sedap pada mulut seseorang:
  • Kurangnya menjaga kebersihan mulut
Penyebab munculnya bau mulut yang paling umum adalah kondisi dalam mulut seperti gigi, dan gusi yang tidak bersih. Jadi kurangnya menjaga kebersihan mulut dapat menyebabkan penyakit dalam mulut seperti penyakit gusi, sariawan, gigi keropos atau membusuk. Selain itu juga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap dari dalam mulut, karena banyaknya bakteri pada plak-plak ataupun sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi yang bercampur dengan air liur. Namun anda jangan khawatir, penyebab bau mulut ini sangat mudah ditangani hanya dengan lebih rutin menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan menggunakan cairan kumur.
  • Makanan dan minuman
Penyebab bau mulut berikutnya adalah karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbau tajam, seperti bawang, petai, kopi, alkohol dan lain sebagainya. Namun bau mulut yang disebabkan oleh makanan dan minuman biasanya hanya bersifat sementara. Untuk menghidari bau mulut ini sangat mudah, yaitu menghindari untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan bau mulut.
  • Merokok
Merokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Selain itu rokok juga bisa membuat gigi menguning dan kesehatan gusi menjadi terganggu. untuk mencegahnya tentu dengan berhenti merokok.
  • Obat-obatan
Beberapa jenis obat juga bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut. untuk mencegahnya anda bisa meminta resep dari dokter yang apabila memungkinkan bisa diganti dengan obat jenis lainnya.
  • Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan seseorang juga dapat mempengaruhi bau mulut, misalnya saja seperti mulut kering (xerostomia), sinusitis, bronchitis, diabetes, dan lain sebagainya.
Selain hal-hal penyebab bau mulut diatas, berpuasa, melewatkan jam untuk makan yang lama, serta diet yang rendah karbohidrat juga dapat menjadi penyebab munculnya bau mulut. Bau mulut ini terjadi karena tubuh akan menghancurkan lapisan lemak untuk dijadikan energi, sehingga terbentuklah senyawa kimia yang disebut zat keton, dimana akan menyebabkan nafas akan beraroma tidak sedap.
Cara menghilangkan bau mulut dan membuat nafas selalu segar:
  • Sikatlah gigi lebih sering
Karena penyebab bau mulut yang paling umum adalah karena adanya plak-plak serta banyaknya bakteri dan sisa-sisa makanan yang membusuk. Maka untuk membuat nafas anda lebih segar, sikatlah gigi anda lebih sering dari yang dianjurkan. Namun jangan terlalu agresif atau keras dalam menyikat gigi, karena dapat merusak enamel gigi.
  • Gosoklah lidah
Lapisan yang terbentuk di lidah dapat menjadi sarang bakteri yang berbau busuk. Oleh karena itu bersihkan juga lidah anda dengan menggosoknya, anda bisa menggunakan alat pembersih lidah (tounge scraper) atau anda juga bisa menggunakan sikat halus yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembersih lidah.
  • Waspadai mulut kering
Kurangnya air liur (saliva) dapat membuat gigi membusuk serta penyebab bau mulut. masalah bau mulut seperti ini mudah untuk diatasi dengan meminum air putih secukupnya dalam sehari. Alternative lainnya bisa dengan memakan permen.
  • Jaga kesehatan gusi
Penyakit gusi dapat menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Bila anda mempunyai masalah pada gusi anda, konsultasikanlah kepada dokter gigi untuk menyembuhkannya dan mencegah timbulnya bau tak sedap pada mulut anda.
  • Hindari makanan dan minuman penyebab bau mulut                          
Misalnya saja bawang. Bawang putih mengandung sulfur yang sudah sangat terkenal menjadi penyebab bau mulut. menggosok gigi setelah memakan bawang tidak akan bisa mencegah timbulnya bau mulut, karena kandungan-kandungan pada bawang telah masuk ke dalam tubuh dan sampai ke paru-paru. Sehingga saat nafas akan tidak segar dan berbau tidak sedap.
  • Berkumur
Untuk menyegarkan nafas, anda bisa menggunakan obat kumur. Terlebih lagi bila anda memilih obat kumur yang antibakteri sehingga dapat mencegah terbentuknya plak. Selain itu berkumur juga sangat baik dalam membersihkan sisa-sisa makanan penyebab bau mulut.
  • Berhentilah merokok
Merokok selain sangat berbahaya bagi kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan masalah bau mulut, merusak lapisan gigi, membuat gigi kuning, dan mengganggu kesehatan gusi. Konsultasikan pada dokter yang ahli bila anda sulit untuk berhenti merokok.
Demikianlah artikel yang membahas penyebab bau mulut dan cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat, baca juga “cara menghilangkan jerawat secara alami”.

0 Response to "Apa penyebab bau mulut tidak enak (Halitosis) dan cara menghilangkannya"

Posting Komentar