Penyebab Penyakit Asam Urat Tinggi, Pantangan Dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Asam Urat Tinggi, Pantangan Dan Pengobatannya. Asam urat adalah penyakit akibat terlau banyak mengkonsumsi zat purin. Zat purin dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa saja dari sayur dan buah. Purin diolah di dalam ginjal dan dirubah menjadi asam urat, apabila jumlahnya berlebihan maka ginjal tidak akan mampu mengolahnya sehingga menumpuk dan mengkristal. Lama kelamaan menyebabkan gangguan pada persendian yang mengakibatkan rasa nyeri. 
http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/2015/09/penyebab-penyakit-asam-urat-tinggi.html

Mengenai penyakit asam urat tinggi sudah sangat biasa, karena penyakit ini sebagain besar di alami oleh orang-orang yang usianya sudah mencapai 30 tahun ke atas. Untuk mengetahui lebih jelas asam urat tinggi dan asal-usulnya, yuk kita bahas penyebab asam urat tinggi, pantangan dan pengobatannya.

Indikasi Adanya Asam Urat Tinggi
Berdasarkan indikasi beberapa dokter menyebutkan bahwa asam urat tinggi ditandai dengan adanya gangguan persendian tepatnya sendi-sendi pada jari kaki, sendit pada lutut, sendi pada pergelangan tangan dan pinggang. Rasa neyri tiba-tiba bisa saja di alami ketika penderita asam urat beraktivitas misalnya naik tangga atau sedang jalan-jalan.
 
Penyebab Asam Urat Tinggi
Sebelumnya sudah disinggung sedikit, bahwa penyebab asam urat adalah konsumsi zat purin yang terlalu tinggi. Dalam jumlah yang berlebihan, purin akan sulit diproses oleh ginjal akibatnya terbentuk asam urat yang mengkristal di dalam ginjal dan tidak dapat dikeluarkan melalui air seni. Purin itu sendiri adalah zat yang terdapat pada berbagai sumber makanan baik tumbuhan maupun hewan.
 
Apa Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi?
Karena penyebab utaman asam urat adalah adanya penumpukan purin di dalam ginjal, maka beberapa pantangan bagi penderita asam urat sangat berkaitan dengan jenis-jenis makanan yang tinggi purin. Berikut beberapa pantangan bagi penderita asam urat tinggi:
  • Jeroan 
  • Seafood 
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan kaya protein dan lemak

Cara Mengobati Asam Urat
 
1. Mengkonsumsi Ramuan Sambiloto
Daun sambiloto mengandung kalsium, revanold, alkaloid, dsbg. Senyawa-senyawa tersebut bersifat anti racun sehingga sangat manjur untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk asam urat. Caranya, anda bisa merebus sekitar 2 genggam daun sambiloto dengan 3 gelas air, masak sampai matang dan sisah 1 gelas. Minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari selama penyembuhan. Namun ramuan ini sangat pahit.
 
2. Mengkonsumsi Rebusan Daun Salam
Selain ramuan sambiloto, rebusan daun salam juga ampuh untuk menyembuhkan asam urat. Cocok untuk yang tidak suka pahit. Ambil 5 lembar daun salam tua lalu rebus degan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Rebusan daun salam di minum pada pagi hari dan malam hari masing-masing 1 gelas secara rutin.
 
Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai penyebab asam urat tinggi, pantangan dan pengobatannya. Semoga bermanfaat!! Baca juga "penyebab sering masuk angin beserta cara mengatasinya" dan "obat tradisional alami untuk mengatasi asam urat dengan cepat".

1 Response to "Penyebab Penyakit Asam Urat Tinggi, Pantangan Dan Pengobatannya"

  1. makasih gan buat penjelasanya
    sangat membantu sekali,,

    BalasHapus